Menurut Riset Ini Jadwal Olahraga Paling Efektif

"Setelah makan tubuh terlalu sibuk merespon makan yang dikonsumsi ketimbang fokus pada pembakaran kalori."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Physiology - Endokrinology and Metabolism menyatakan bahwa olahraga efektif dilakukan pada pagi hari. Tingkat keberhasilan olahraga ini semakin tinggi jika dilakukan dalam kondisi perut kosong.

Ini akan memberi manfaat jangka panjang bagi kesehatan serta mampu membakar lemak lebih banyak. Studi itu menjelaskan, berolahraga pagi hari dan dalam keadaan perut kosong dapat membantu membakar lemak dan bahkan mengubahnya menjadi otot. Penulis studi Dylan Thompson dari University of Bath mengatakan, setelah makan tubuh terlalu sibuk merespon makan yang dikonsumsi ketimbang fokus pada pembakaran kalori.

Ini berarti berolahraga langsung setelah makan tidak akan membantu mengurangi kelebihan kalori dalam bentuk jaringan adiposa - yang terutama bertanggung jawab untuk obesitas. Sebaliknya, tubuh menggunakan karbohidrat yang dikonsumsi sebagai sumber energi. Selain itu olahraga di pagi hari akan membuat tidur malam lebih nyenyak.

Saat berolahraga di malam hari, tubuh menjadi terlalu bersemangat dan jauh lebih sulit untuk tidur nyenyak. Justru jika berolahraga pada pagi hari akan membantu untuk lebih menikmati tidur pada malam hari sebelum berolahraga lagi pada esok pagi.