Jika Alami Gejala Ini di Tempat Kerja, Sebaiknya Pikirkan Pekerjaan Baru

" Tidak jarang tekanan di tempat kerja membuat depresi yang bisa berakibat pada stres berkepanjangan"
ilustrasi: depresi (net)

KLIKPOSITIF-Tekanan dalam dunia kerja adalah hal yang biasa. Tidak jarang tekanan ini membuat depresi yang bisa berakibat pada stres berkepanjangan. Hal ini bisa dipicu hal sederhana misalnya tuntutan dari atasan hingga pekerjaan yang tak pernah dihargai.

Berada dalam kondisi ini dalam jangka panjang akan membawa dampak buruk bagi kesehatan. Berikut beberapa dampak lingkungan kerja yang tidak sehat pada tubuh:

Sakit pada kepala dan leher
Saat kita mengalami banyak kecemasan dan stres, maka tubuh otomatis akan tegang. Hal ini akan berdampak pada kepala dan leher yang terus menerus terasa sakit. Tekanan intens yang kita rasakan bisa membuat kepala dan leher terasa sakit.

Kekebalan tubuh menurun
Sistem kekebalan tubuh akan menurun dan melemah saat kita bekerja di lingkungan yang penuh tekanan. Bekerja di tempat yang tak pernah membuat kita bahagia hanya akan membuat kita jadi gampang jatuh sakit.

Stres kronis juga bisa membuat tubuh rentan terhadap perubahan musim dan alergi.

Haid yang tidak teratur
Sistem reproduksi perempuan bisa sangat dipengaruhi oleh kadar stres karena bisa memengaruhi perubahan hormon dalam tubuh. Lingkungan yang penuh tekanan bisa membuat perempuan mengalami haid yang tidak teratur atau haid yang terlambat. Stres memang bisa jadi salah satu penyebab utama haid yang tak teratur pada perempuan.

Kelelahan mental
Setiap hari melakukan pekerjaan yang sebenarnya dibenci dan memberi banyak tekanan, dampaknya bisa sangat terasa pada kondisi mental kita. Kita akan sering dihantui rasa cemas dan tidak tenang. Kondisi mental jadi kurang stabil.

Jika telah mengalami gejala di atas, ada baiknya memikirkan pekejaan baru atau mengatur bagaimana pekerjaan tidak terlalu berdampak buruk pada kesehatan.