Ibu Hamil Sering Gunakan Ponsel, Janin Bisa Terdampak

"penggunaan ponsel dalam durasi lama akan berdampak pada janin di dalam kandungan."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Ibu hamil yang sering menggunakan ponsel ternyata sangat berbahaya. Selain berdampak pada dirinya sendiri, penggunaan ponsel dalam durasi lama juga akan berdampak pada janin di dalam kandungan.

Dilansir Times of India, para ilmuwan di Denmark melakukan penelitian di mana mereka meneliti paparan prenatal dan postnatal pada ponsel dan masalah perilaku pada anak-anak. Hasilnya jika ibu hamil yang terlalu banyak menggunakan ponsel lebih mungkin melahirkan anak-anak dengan masalah perilaku.

Penelitian ini dilakukan pada sekelompok ibu yang anak-anaknya berusia sekitar tujuh tahun. Mereka diberi kuesioner tentang kesehatan dan perilaku anak-anak mereka, dan riwayat mereka pernah menggunakan telepon.
Hasilnya, ditemukan bahwa anak-anak dari ibu yang lebih terpapar ponsel sebelum dan sesudah melahirkan cukup hiperaktif dan memiliki beberapa masalah perilaku.

Kabar baiknya studi ini tidak dianggap sepenuhnya benar karena bagi beberapa ahli, peralatan seperti microwave, televisi, dan laptop, ponsel memancarkan gelombang radio tingkat rendah yang disebut radiasi elektromagnetik non-pengion.
Radiasinya lebih ringan daripada radiasi pengion, yang dipancarkan oleh sinar-X dan pemindai CT. Jadi, tidak mungkin itu berbahaya bagi anak yang belum lahir.

Meskipun penelitian ini tidak dapat membuktikan hubungan yang kuat, tetapi penting untuk sedikit berhati-hati dan membatasi penggunaan ponsel.