Ini Menu Sarapan Sehat yang Layak Dicoba

ilustrasi: bad mood membuat produktivitas menurun
ilustrasi: bad mood membuat produktivitas menurun (net)

KLIKPOSITIF  –Sarapan adalah salah satu kunci memulai hari. Jika anda memulainya dengan benar, peluang hari anda berjalan lancer akan terbuka lebar. Sarapan dengan menu yang tepat akan memberikan manfaat besar bagi tubuh dan meningkatkan energi Anda dalam beraktivitas.

Berikut menu makanan yang disarankan untuk sarapan.

baca juga: Lama Karantina Mandiri Bisa Picu Cabin Fever

Telur


Telur merupakan sumber yang menyehatkan dengan asupan protein dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin D. Telur juga sudh dikaitkan dengan kecerdasan otak. Mengonsumsi telur pada pagi hari (sarapan) membantu Anda untuk memiliki konsentrasi yang baik dan daya pikir yang kuat.

baca juga: Vaksin Covid-19 Milik Cina Akan Tersedia Akhir Tahun

Roti gandum


Banyak yang orang mengandalkan karbohidrat sebagai asupan utama saat sarapan. Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa pemilihan jenis karbohidrat sangat penting karena sangat dapat mempengaruhi kesehatan Anda, serta memperngaruhi kemampuan tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

baca juga: Konsumsi Air Jahe Bawa Sejumlah Manfaat Pada Tubuh

Stroberi


Kaya akan antioksidan dan rendah kalori sehingga tidak menyebabkan kegemukan. Satu cangkir stroberi sudah sangat bermanfaat untuk memenuhi asupan harian vitamin C, asam folat dan serat. Stroberi baik untuk kesehatan organ jantung. Sebuah studi pada tahun 2013 menemukan bahwa wanita mengalami penurunan serangan jantung selama periode 18-tahun, saat diterapkan pola makan minimal tiga porsi stroberi atau blueberry per minggu. Stroberi dan blueberry adalah sumber yang baik untuk anthocyanin

baca juga: Ingin Tekan Potensi Diabetes, Ini Cara Sederhananya

Oatmeal (Havermut)


Makanan ini memiliki asupan beta-glucan, yaitu jenis serat yang telah terbukti bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, dengan syarat mengonsumsinya secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Oatmeal juga kaya omega-3 asam lemak, folat, dan potasium.

Pisang


Buah pisang menjadi salah satu sumber terbaik dari pati resisten, yang merupakan asupan karbohidrat sehat yang membuat Anda dapat merasa kenyang lebih lama. Erica Giovinazzo, MS, RD, seorang ahli gizi di Clay Health Club and Spa, di New York City, menyarankan agar mengiris buah pisang dan menambahkannya ke sereal atau oatmeal, hal ini untuk menambahkan rasa manis alami tanpa perlu tambahan gula.

Penulis: Ramadhani