Bagaimana Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget dengan Dongeng? Ini Tips dari Pakar

"Bisa nggak sih dongeng ngalahin gadget? Bisa. Ada juga, dongeng bisa nggak ngalahin gadget? enggak. Kuncinya di mana penyampaiannya, di story tellernya karena isi dongeng menarik, cara menyampaikannya menarik, saya sangat yakin dongeng akan kalahkan gadget"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Penggunaan gadget pada anak-anak harus diawasi dengan baik. Sebab, bisa saja anak kecanduan gadget sehingga menghalangi proses pembelajaraan anak, khususnya dalam berinteraksi sosial.

Tapi siapa sangka, dongeng bisa jadi alat pengalih perhatian anak dari gadget loh.

"Bisa nggak sih dongeng ngalahin gadget? Bisa. Ada juga, dongeng bisa nggak ngalahin gadget? enggak. Kuncinya di mana penyampaiannya, di story tellernya karena isi dongeng menarik, cara menyampaikannya menarik, saya sangat yakin dongeng akan kalahkan gadget," ujar pendongeng Kak Reni beberapa waktu lalu di Jakarta, ditulis Selasa (15/10/2019).

Nah, seringnya yang jadi masalah kebanyakan orang tua tidak percaya diri dan tidak yakin dengan dongeng yang disampaikannya. Jadi kalau orang tua sangat ingin menghilangkan kecanduan gadget pada anak, coba deh berusaha keras kuasai teknik dongeng.

"Tapi kalau dalam penyampaikannya orang tua sudah tidak yakin, anak akan merasa dongeng hanya angin lalu. Hanya sesuatu yang nggak menarik dan kembali lagi ke gadget. Jadi kuncinya, bagaimana menyentuh hati anak-anak melalui dongeng," jelasnya.

Kak Reni selaku ibu dengan lima orang anak meski bisa mendongeng, ia tidak pernah berhenti mencari ide-ide kreatif dalam penyampaian dongeng dan bisa mengalihkan anaknya yang kerap terpaku pada gadget. Caranya, dengan Kak Reni sangat jarang menamatkan cerita dongeng.

"Saya jarang sekali menyelesaikan dongeng, jarang sekali, ketika lagi klimaks atau lagi seru-serunya bersambung," aku Kak Reni.

Menurutnya, dengan cara ini selain membuat anak tertarik dengan isi dongeng, juga akan memancing minat anak terhadap buku. Di mana buku itu dijadikan inspirasi Kak Reni dalam bercerita, dan biarkan anak membaca lanjutan akhir cerita yang didongengkan.

Bagaimana, mau mencoba trik mendongeng untuk anak ini?

Sumber: Suara.com