Mata Minus Dipicu oleh Kebiasaan, Kenali Penyebabnya

"Mata minus pada anak dipicu dengan kebiasaan melakukan pekerjaan dalam waktu lama dan intens yang dilakukan dari dekat"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Kondisi mata minus atau yang dikenal dengan istilah miopia banyak diderita oleh anak-anak hingga remaja. Masyarakat percaya gangguan mata ini dipicu oleh kebiasaan atau pola hidup seseorang.

Dilansir dari Asia One Dr Jovina See, direktur klinis Shinagawa Eye Center, pun angkat suara terkait penyebab mata minus pada anak-anak yang banyak dipercaya oleh masyarakat.

- Melihat hal-hal berwarna hijau dapat mengurangi atau mencegah mata minus

Menurut para ahli, penyebab mata minus pada anak adalah melakukan pekerjaan dalam waktu lama dan intens yang dilakukan dari dekat. "Memandangi pepohonan hijau memang tidak membantu mengurangi atau membalikkan (mengobati) miopia.

Tapi itu membuat kita untuk mengambil jeda untuk melihat ke kejauhan dan karenanya dapat membantu mencegah perkembangan miopia," tutur Dr See.

Ia menambahkan, berdasarkan studi, peningkatan aktivitas di luar ruangan dan paparan sinar matahari dapat melindungi mata dari minus.

-Membaca di tempat gelap, membaca di dalam mobil, menonton TV harus dari jarak jauh"

Semua kegiatan ini biasanya membuat seseorang berfokus pada benda-benda dekat dalam waktu lama, yang meningkatkan kemungkinan mengembangkan mata minus. "Selama jarak yang tepat dipertahankan dan mengambil beberapa jeda atau mengistirahatkan mata, kegiatan ini tidak menyebabkan miopia meningkat," kata Dr See.

"Namun, jika melihat anak Anda membaca buku dengan sangat dekat atau menonton TV sangat dekat, coba tegur mereka," ujarnya.

- Tidur awal untuk mencegah mata minus

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa tidur lebih awal dapat membantu mencegah mata minus, kata Dr See.

Tetapi karena banyak anak yang tidur larut karena bermain gadget, mitos ini sebenarnya tidak salah. Sebab, melihat layar gadget secara intens dalam jarak dekat untuk waktu yang lama dapat memperburuk miopia.