Ingin Turunkan Kolesterol, Coba Lima Bahan Alami Ini

"Pare kaya vitamin C, mikronutrien yang mampu mencegah penyakit"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Kolesterol berlebih bisa mengancam siapa saja. Cara pertama mengontrolnya adalah dengan mengatur pola makan.

Sangat disarankan untuk menghindari konsumsi daging merah dan makanan berlemak tinggi. Selain itu ada beberapa bahan alami yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol jika dimakan secara rutin. Berikut daftarnya:

Pare
Pare termasuk jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia dan sering dijadikan masakan rumahan. Rasanya yang pahit membuat sejumlah orang mungkin akan menghindarinya. Pare kaya vitamin C, mikronutrien yang mampu mencegah penyakit, pembentukan tulang dan penyembuhan luka. Pare juga kaya vitamin A yang larut dalam lemak dan meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan. Pare ternyata bisa membantu melawan penyakit kanker serta menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Ketumbar
Ketumbar salah satu bumbu dapur yang kaya manfaat jika digunakan sebagai obat tradisional. Ketumbar dapat mengatasi berbagai masalah penyakit, mulai kanker, kolesterol hingga pencernaan. Ketumbar adalah sumber serat makanan, zat besi dan magnesium yang luar biasa. Tak hanya biji ketumbar, daunnya juga kaya kandungan vitamin C, vitamin K dan protein.

Daun Binahong
Daun binahong mungkin sudah tak asing lagi di telinga. Namun, tahukah kamu ternyata daun binahong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Wujud tanaman ini memiliki batang daun yang pendek dan bentuk daun yang menyerupai simbol love atau cinta. Sebagian orang mungkin menganggapnya hanya sebuah tanaman biasa untuk menghiasi halaman rumah, nyatanya daun binahong ini bisa saja dimakan karena memiliki banyak manfaat.

Jahe
Penggunaan jahe sebagai obat herbal sudah dikenal dari Cina, India, hingga Indonesia. Penelitian ilmiah pun membuktikan manfaat jahe bukan omong kosong. Tak cuma satu, jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lelaki maupun perempuan, di antaranya meredakan nyeri haid hingga menurunkan ... Baca halaman selanjutnya