Pekerja Kantor Rentan Obisitas, Ini Tips Sederhana Mengatasinya

"Gaya hidup dan tekanan stres saat bekerja tanpa disadari mempengaruhi pola makan."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Pekerja kantoran rentan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Gaya hidup dan tekanan stres saat bekerja tanpa disadari mempengaruhi pola makan.

Apalagi kebiasaan mengemil, jarang bergerak, hingga stres karena tekanan kerja, membuat pekerja kantor sulit menjaga berat badan ideal walaupun sudah berusaha menjalani gaya hidup sehat di rumah.

Dilansir dari Halosehaty ada beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan untuk mencegah kenaikan berat badan di kantor. Berikut tipsnya:

Bawa bekal sendiri

Membawa bekal akan membantu memantau asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Biar lebih optimal, jangan cuma bawa bekal makan siang. Siapkan juga camilan sehat untuk mengganjal perut di waktu tertentu, misalnya pukul 10 pagi setelah sarapan atau sore hari.

Camilan sehat

Beberapa kantor menyediakan camilan gratis untuk karyawannya. Walaupun lezat, camilan tersebut biasanya tinggi gula dan lemak jenuh sehingga pada dasarnya tidak menyehatkan. Mereka hanya memberi kalori ekstra tapi tidak padat nutrisi.

Lebih baik membawa camilan sehat sendiri. Mengacu pada American Heart Association, pilihan camilan yang disarankan antara lain: Buah-buahan segar atau buah-buahan kering tanpa gula tambahan. Sayuran segar seperti paprika, wortel, brokoli, tomat ceri, edamame, dan timun Jepang. Cracker, roti, dan produk lainnya yang berasal dari gandum utuh. Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, kenari, dan pistachio atau yogurt rendah lemak atau bebas lemak
Popcorn rendah garam atau keju rendah lemak atau bebas lemak

Jangan makan siang sambil bekerja

Kebiasaan multitasking ternyata juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan di kantor. Jadi saat makan siang, fokuslah pada makanan. Jangan sambil melakukan kegiatan lain seperti bekerja di depan komputer atau mengecek ponsel.

Jika konsentrasi terpecah, otak tidak bisa fokus terhadap apa yang dimakan. Akibatnya, cepat ... Baca halaman selanjutnya