Bolehkah Makan Pedas Saat Sariawan?

"Mulut Anda dilindungi oleh lapisan dan ketika lapisan ini rusak dan kulit sensitif di bawahnya terbuka, maka akan timbul sariawan. Sariawan bisa timbul benjolan seukuran mutiara dan kondisinya bisa kambuh"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Menderita sariawan di lidah, bibir, atau mulut bagian dalam bisa memicu rasa sakit saat mengonsumsi makanan. Sebagian orang memercacai bahwa penderita sariawan makan pedas merupakan solusi rumahan. Tidak sedikit pula yang mengulas manfaat makanan pedas bisa meredakan sariawan. Apakah makan pedas bisa menyembuhkan sariawan? Sebenarnya kabar ini keliru, dan sebaiknya penderita sariawan dianjurkan menghindari makanan pedas!

Kenapa Tidak Dianjurkan Makan Pedas Saat Sariawan?

Mulut Anda dilindungi oleh lapisan dan ketika lapisan ini rusak dan kulit sensitif di bawahnya terbuka, maka akan timbul sariawan. Sariawan bisa timbul benjolan seukuran mutiara dan kondisinya bisa kambuh jika Anda rentan terhadap terhadap.

Seperti dilansir WebMD, penderita sariawan harus menghindari beberapa makanan yang dapat mengiritasi mulut, salah satunya adalah makanan pedas.

Makan pedas saat sariawan tak hanya akan membuat sariawan menjadi terasa lebih perih dan sakit, dalam banyak kasus luka sariawan bahkan menjadi lebih besar dan parah. Hal ini disebabkan ketika penderita sariawan makan pedas, yang dapat menyentuh luka pada sariawan dan bisa membuatnya menjadi lebih parah.

Makanan Apa yang Harus Dihindari Penderita Sariawan?
Selain makanan pedas yang memperparah sariawan, makanan yang harus dihindari saat sariawan, di antaranya:

Berikut makanan dan minuman yang menjadi pantangan sariawan:

1. Makanan berminyak,
2. Buah jeruk
3. Makanan asam lainnya (termasuk stroberi dan tomat)
4. Kopi
5. Teh
6. Minuman bersoda
7. Kacang tanah
8. Cokelat
8. Keju
10. Makanan alergi yang memicu sariawan

Sementara beberapa kebiasaan yang menjadi pantangan sariawan, seperti:

1. Mengunyah permen karet
2. Merokok
3. Menggunakan pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulphate.

Jadi, penderita sariawan makan pedas tidak dianjurkan, mungkin ... Baca halaman selanjutnya