Suka Main Ponsel di Toilet, Waspadai Penyakit Ini

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF -- Tidak dipungkiri, kemajuan digital membuat orang aktif menggunakan smartphone setiap saat. Bukan hanya untuk berkomunikasi melalui pesan dan telepon tapi juga media sosial hingga belanja online dan game online.

Maka tidak heran, hampir dari kita semua pernah membawa ponsel ke dalam toilet dan menggunakannya sembari buang air, kan?

baca juga: WHO Hentikan Uji Coba Klorokuin pada Pasien Covid-19

Tapi menurut seorang pakar, bermain ponsel sembari buang air besar dapat menyebabkan wasir. Lho memangnya kenapa?

Dilansir Suara.com dari Mirror Online, duduk terlalu lama di toilet (yang umumnya dikarenakan terlalu asyik main ponsel), adalah korelasi antara bermain ponsel di toilet dengan wasir.

baca juga: Ini Bahan Alami untuk Cegah Masalah Kebotakan

Di Inggris sendiri, menurut survei YouGov, 57 persen orang di sana mengaku membawa ponsel mereka ke toilet dengan delapan persen di antaranya pasti membawa ponsel.

"Sembelit dan berusaha keras untuk buang air besar adalah faktor risiko utama untuk wasir - setelah hamil, batuk kronis dan semakin bertambah tua. Tapi begitu juga dengan lama duduk di toilet. Dan di masa lalu, beberapa dari kita membawa buku bagus ke toilet bersama kita, akhir-akhir ini lebih cenderung ponsel yang selalu ada. Jadi dokter tidak merekomendasikannya," kata Dr Sarah Jarvis, GP seorang Direktur Klinis patient.info kepada The Sun.

baca juga: Sulit Hidup Berdamai dengan Corona, Lebih Jahat dari Terorisme

Wasir juga dapat dicegah dengan mengonsumsi banyak serat, minum banyak air dan berolahraga secara teratur.

Dan satu lagi, coba jangan terlalu sering membawa dan menggunakan ponsel Anda ke toilet jika tidak mau kena wasir!

baca juga: Tiga Herbal yang Berpotensi Tangkal Corona

Sumber: suara.com

Penulis: Rezka Delpiera