Kurangi Resiko Penyakit Kolesterol, Ini Sayuran yang Bisa Dikonsumsi

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu beragam masalah kesehatan. Kolesterol merupakan lemak esensial yang berfungi bagi tubuh. Namun jika kadarnya terlalu tinggi, justru masalah kesehatan yang bisa timbul.

Kolesterol tinggi bisa mendatangkan masalah kesehatan. Mulai dari sekadar pusing, nyeri leher dan sendi, hingga peningkatan risiko stroke dan jantung terjadi jika kadar kolesterol tinggi. Dilansir dari rilis Alodokter, terdapat sejumlah sayur penurun kolesterol yang bisa dimasukkan dalam menu makan siang.

baca juga: Ini Bahan Alami untuk Cegah Masalah Kebotakan

Tomat

Selain dikenal membantu melawan kanker, tomat juga dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal itu beralasan karena tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan yang memberi warna merah pada tomat.

baca juga: Ini Daftar Vitamin yang Bisa Bantu Tubuh Lawan COVID-19

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dapat membantu menurunkan low-density lipoprotein cholesterol (LDL) atau dikenal sebagai kolesterol jahat sebanyak 10 persen.

Bayam

baca juga: Demi Kesehatan, Batasi Konsumsi Sirop dan Minuman Manis Khas Lebaran

Hampir semua sayuran memang dapat membantu menurunkan kolesterol, akan tetapi jenis sayuran hijau gelap, seperti bayam, dinilai paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu, salah satu sayuran penurun kolesterol ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Hal itu dikarenakan kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam yang menjadi peran penting dalam menyingkirkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

baca juga: Opor Ayam di Hari Raya, Waspada Kolesterol Naik

Bawang putih

Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Sebuah studi mengemukakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat, akan tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut perihal ini.

Terong

Salah satu manfaat terong yaitu membantu menurunkan kolesterol jahat. Tidak hanya itu, mengonsumsi sayur yang dapat ditemukan dengan mudah ini juga bermanfaat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah.

Sebenarnya selain sayuran, ada juga beragam makanan lainnya yang bisa membantu menurunkan kolesterol, di antaranya seperti gandum, kacang-kacangan, buah apel, anggur, strawberi, serta ikan.

Anda dapat mengombinasikan jenis makanan di atas dengan sayuran penurun kolesterol agar mendapat nutrisi yang beragam untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat sebagai salah satu cara dalam membantu menurunkan kolesterol serta terhindar dari penyakit. Bila perlu, konsultasikan lebih lanjut pada dokter untuk mendapatkan rekomendasi pola makan yang tepat.

Penulis: Ramadhani