Rajin Cuci Piring, Cara Asik Mengatasi Stres

"cuci piring termasuk untuk memperbaiki mood dan menghilangkan pikiran negatif dalam diri seseorang."
Ilustrasi (Shutterstock)

KLIKPOSITIF -- Ada yang merasa paling malas untuk segera cuci piring setelah makan? Siapa sangka jika kebiasaan itu dapat menjadi salah satu cara mengatasi stres.

Sebagian orang mungkin melihat kegiatan cuci piring cuma bikin capek dan bosan. Namun, aktivitas ini ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kesehatan mental.

Melansir Lifehack, cuci piring termasuk untuk memperbaiki mood dan menghilangkan pikiran negatif dalam diri seseorang.

Dalam penelitian di jurnal Mindfulness, cuci piring disebutkan sebagai cara efektif menghilangkan stres, bahkan secara umum dapat meningkatkan kondisi kesehatan mental.

Penelitian dilakukan dengan meminta para responden cuci piring. "Hasilnya cukup menakjubkan," kata peneliti dalam sebuah studi di Universitas Florida.

Para peneliti menyimpulkan, responden mendapat efek menenangkan dari bau sabun cuci. Suhu air juga dapat memberikan keadaan pikiran yang lebih positif.

Ketika mencuci piring, pada dasarnya Anda punya cukup waktu untuk melakukan relaksasi.

Saat dipelajari lebih lanjut, kebiasaan cuci piring sendiri dinyatakan secara efektif mampu mengurangi stres dan kecemasan, menurunkan risiko depresi, juga membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

Bagaimana, nih? Ada yang masih merasa malas mencuci piring? Mulai sekarang, cobalah membiasakan diri melakukan kegiatan sederhana ini untuk mengatasi stres Anda. (*)