Ciri-Ciri Fisik Wanita Hamil yang Jarang Anda Kenali

"Tidak hanya mual hingga ukuran perut yang membesar, ada banyak ciri fisik ibu hamil dari ujung kepala hingga ujung kaki"

KLIKPOSITIF -- Tubuh wanita akan mengalami banyak perubahan selama sembilan bulan kehamilan. Ciri-ciri fisik wanita hamil yang mudah terlihat seperti perut yang membesar karena rahim yang membesar, penambahan berat badan, mual dan sakit punggung. Namun, beberapa perubahan tubuh mungkin tidak terduga dan membuat beberapa ibu hamil terkejut.

Menurut Kim Trout, bidan perawat bersertifikat di Philadelphia, salah satu perubahan yang sering membuat beberapa wanita hamil terkejut adalah peningkatan ukuran payudara. Perubahan tak terduga berikutnya adalah varises di alat kelamin. Mungkin ibu hamil mengira bahwa varises hanya di kaki selama kehamilan, tetapi vena di dekat vagina dan vulva juga bisa menjadi bengkak dan biasanya muncul di trimester ketiga. Selengkapnya simak penjelasan ciri-ciri fisik wanita hamil di bawah ini.

Ciri-Ciri Fisik Wanita Hamil
Tidak hanya mual hingga ukuran perut yang membesar, ada banyak ciri fisik ibu hamil dari ujung kepala hingga ujung kaki, berikut di antaranya:

1. Gusi berdarah
Gusi berdarah adalah salah satu ciri-ciri fisik wanita hamil, yang sering dialami. Kondisi ini berpotensi menjadi infeksi seperti radang gusi. Wanita menjadi lebih rentan terhadap infeksi selama kehamilan karena sistem kekebalan tubuhnya melemah.

Tetapi beberapa wanita takut pergi ke dokter gigi saat hamil, dan apabila dokter gigi menyarankan untuk pemeriksaan gigi dengan menggunakan sinar-X selama kehamilan, sebenarnya hal ini masih aman, selagi perut dilindungi dengan benar dari radiasi.

2. Perubahan pada rambut
Ibu hamil mungkin akan memiliki rambut yang bagus karena estrogen meningkatkan fase pertumbuhan folikel rambut yang menghasilkan rambut lebih tebal dan lebih sehat.

Tidak hanya memiliki rambut yang tebal, juga lebih banyak pertumbuhan rambut di tubuhnya, terkadang di tempat yang tidak diinginkan, seperti di sekitar bibir atas, ... Baca halaman selanjutnya