Ini Penyebab dan Cara Atasi Kulit Kepala Berminyak

"minyak yang berlebihan dan jarang dibersihkan akan menimbulkan ketombe sehingga mengeluarkan bau asam yang khas."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Kulit kepala berminyak dan bau sering kali mengganggu aktivitas dan membuat kepercayaan diri menurun. Dilansir dari Livestrong, ternyata ada banyak penyebab, kenapa kulit kepala bisa berminyak dan menimbulkan bau tak sedap.

Yuk, simak penjelasannya dalam tulisan di bawah ini.

Kulit kepala berminyak

Pada dasarnya, setiap orang akan mengeluarkan minyak alami di kulit kepala. Namun jika dibersihkan secara rutin, kadar minyak di kulit kepala bisa diatasi.

Menurut American Osteopathic College of Dermatology, minyak yang berlebihan dan jarang dibersihkan akan menimbulkan ketombe sehingga mengeluarkan bau asam yang khas.

Bakteri blues

Bakteri yang terdapat di kulit kepala juga bisa meyebabkan bau tak sedap, apalagi jika sudah terkontaminasi dengan keringat dan minyak.

Secara kesehatan, bakteri di kulit kepala ini memang tidak berbahaya. Hanya saja jika dibiarkan terlalu lama, kulit kepala jadi tak sehat dan berbau.

Perubahan hormon

Tahukah kalian? Perubahan kadar hormon, stres dan kondisi kulit buruk seperti seborrheic dermatitis juga dapat menyebabkan kulit kepala berminyak dan mengeluarkan bau tidak sedap, lho.

Anggapan ini sudah diamini oleh Donnica L. Moore,seorang penasihat dan pakar kesehatan perempuan.

Cara mengatasinya

Dirangkum dari majalah Fitness, hairstylist kondang, Cheryl Marks mengatakan dry shampoo bubuk lebih maksimal dalam menyerap minyak berlebih di kulit kepala.

Namun untuk hasil yang lebih maksimal, cobalah mengganti produk sampo dengan yang mengandung belerang, seng, atau tar untuk menyerap minyak dan mengatasi bau tak sedap.

Selamat mencoba.

Sumber: Suara.com