Ini Bahan Alami Sumber Protein Non-Daging

"Protein juga bisa didapat dari beragam jenis tumbuhan dan buah"
Almond (net)

KLIKPOSITIF-Bagaimana cara vegetarian memenuhi oebutuhan proteinnya? pertanyaan itu sering muncul ketika kita berteu dengan seorang vegetarian atau mereka yang tidak memakan daging. Nah sebenarnya sumber protein bukan hanya daging dan telur.

Protein juga bisa didapat dari beragam jenis tumbuhan dan buah, yang dikenal sebagai protein nabati. Berikut sumber protein non daging yang bisa anda temukan dengan mudah

1. Tempe

Tempe merypakan makanan olahan fermentasi kedelai ini merupakan salah satu makanan pokok favorit orang Indonesia. Per 100 gram tempe, terkandung 201 kkal energi, 20,8 g protein, 8,8 g lemak, 13,5 g karbohidrat, 1,4 g serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Satu lagi poin plus dari tempe, selain harganya yang murah, tempe bisa Anda kreasikan menjadi bermacam-macam masakan mengenyangkan pengganti daging merah, mulai dari orek tempe, sambal tempe, hingga dibuat “bakso”.

2. Tahu

Tahu termasuk makanan yang rendah kalori (70 kkal), kolesterol (0 %), dan sodium (1 %). Per 100 gram, tahu juga merupakan sumber yang baik dari protein (8 gram), zat besi (9 %), magnesium (37 mg), fosfor ( 121 mg ), tembaga (0,2 mg), dan selenium (9,9 mcg), dan sumber yang sangat baik dari kalsium (201 mg) dan mangan (0,6 mg)

Mulai dari tahu isi, hingga pepes tahu, tahu sangat serba guna untuk diolah menjadi lauk mengenyangkan. Untuk alternatifnya, Anda bisa gabungkan tahu ke dalam tumisan kailan atau ingin coba buat kembang tahu manis untuk makanan penutup hari ini?

3. Edamame (kedelai Jepang)

Makanan yang terbuat dari kedelai adalah sumber protein nabati tertinggi. Setelah tahu dan tempe, kini saudara jauhnya, edamame. Dalam bentuk sajian yang paling sederhana, edamame rebus, camilan favorit orang Jepang ini mengandung 11,4 gr protein, 6,6 gr lipid, 7,4 gr karbohidrat, 1,9 gr serat, 70 mg kalsium, dan 140 mg fosfor.

Saat bosan dengan versi rebus, Anda bisa siasati konsumsi edamame ... Baca halaman selanjutnya