Ini Macam-Macam Refleks pada Bayi, Ketahui ya Bunda

"Sejak dilahirkan, bayi memiliki dan menunjukan sejumlah refleks"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Refleks adalah gerakan yang terjadi secara otomatis dan spontan pada aktivitas bayi sehari-hari, seperti menggenggam dan mengisap. Refleks bayi yang baik menandakan bahwa aktivitas saraf dan otak bayi normal. Apa saja refleks pada bayi baru lahir?

Sejak dilahirkan, bayi memiliki dan menunjukan sejumlah refleks. Berikut ini berbagai jenis refleks pada bayi yang baru lahir:

1. Rooting Reflex (Refleks Mencari Puting)
Bunda dapat melihat refleks pada bayi dengan menyentuhkan jari ke sudut bibir atau pipinya. Biasanya bayi akan merespons dengan mengikuti arah sentuhan tersebut sambil membuka mulutnya. Hal ini bisa digunakan untuk mengetahui apakah bayi sedang ingin menyusu atau tidak. Refleks ini bisasanya bertahan hingga bayi berusia 3-4 bulan.

2. Refleks Mengisap
Cara menguji refleks ini antara lain dengan menyentuh bibirnya dengan ujung jari Anda. Biasanya bayi akan langsung mengisap puting payudara. Refleks pada bayi ini sebenarnya sudah muncul saat usia kehamilan 32 minggu hingga 36 minggu. Pada bayi prematur umumnya refleks mengisapnya masih belum sempurna sehingga Bunda harus terus melatihnya.

3. Refleks Moro
Adalah refleks yang muncul saat bayi kaget atau terkejut mendengar suara keras. Biasanya bayi saat mendengar suara keras akan meregangkan lengan dan menekuk kakinya. Refleks pada bayi ini muncul sejak lahir hingga usia 4 bulan.

Refleks ini tentu mengganggu ketika menidurkan atau bahkan membangunkan bayi saat tudur nyenyak. Nah, cara mengatasi dampak dari salah satu macam-macam refleks pada bayi ini akan dijelaskan di bawah.

4. Refleks Menggenggam
Jika Bunda menyentuh telapak tangan bayi, maka ia akan menutup jari-jarinya seperti gerakan menggenggam. Begitu juga jika Anda meletakkan jari di bawah kakinya maka bayi akan menekuk dan mengerutkan jarinya seolah ingin menggenggam dan menjepit erat. Refleks pada bayi baru lahir ini bertahan hingga usia 3-4 ... Baca halaman selanjutnya