Ini Cara Mengatasi Ketiak Gatal

"Cara mengatasi ketiak gatal tentu harus disesuaikan dengan penyebab ketiak gatal tersebut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mengatasi gatal di ketiak"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Gatal adalah kondisi yang pasti pernah dialami oleh semua orang. Salah satu area tubuh yang kerap mengalami gatal adalah ketiak. Ketiak gatal bervariasi, dari yang ringan hingga cukup mengganggu. Namun gatal di ketiak umumnya akan hilang secara otomatis.

Cara mengatasi ketiak gatal tentu harus disesuaikan dengan penyebab ketiak gatal tersebut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mengatasi gatal di ketiak.

Apa saja? Simak informasinya berikut ini.

1. Menjaga Kebersihan Ketiak
Gatal di ketiak lebih banyak disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur, yang mana keduanya bisa berkembang dengan baik apabila kulit ketiak tidak dijaga kebersihannya.

Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan ketiak Anda dengan cara membersihkannya setiap mandi dan cukur bulu ketiak secara rutin. Tentu saja, keduanya harus dilakukan secara benar agar tidak menjadi ‘bumerang’.

2. Salep Gatal
Cara mengatasi ketiak gatal selanjutnya adalah dengan mengoleskan salep gatal pada ketiak Anda. Beberapa contoh salep gatal seperti:

- Hidrokortison
- Salep antijamur
- Calamine

Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau apoteker sebelum Anda menerapkan cara mengatasi gatal di ketiak yang satu ini.

3. Tidak Menggaruk
Gatal di ketiak tentu membuat Anda merasa ‘gemas’ ingin menggaruknya. Tindakan ini sebenarnya keliru, terlebih jika ketiak gatal disebabkan oleh penyakit kulit seperti dermatitis atau miliaria rubra.

Alih-alih gatal hilang, yang terjadi justru rasa gatal akan semakin menjadi-jadi. Pada akhirnya, tidak hanya gatal yang Anda derita melainkan juga rasa perih akibat goresan yang disebabkan oleh garukan tersebut.

Guna mengatasi ketiak gatal tanpa perlu menggaruk, Anda bisa memanfaatkan cara berikut:

- Kompres ketiak dengan kain yang sudah diberi air dingin selama beberapa saat sampai gatal dirasa sudah ... Baca halaman selanjutnya