Ini Tips Makan Buah bagi Penderita Asam Lambung

"Sebenarnya, masalah asam lambung atau maag tidak bisa disebut sebagai penyakit. Kondisi ini menunjukkan sekumpulan gejala kesehatan seperti sensasi terbakar pada ulu hati, kembung, dan berbagai masalah lainnya."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Penderita asam lambung tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan, termasuk dalam hal mengonsumsi buah-buahan. Meski tergolong dalam makanan yang baik bagi kesehatan, jika sampai penderita asam lambung tidak cermat dalam mengonsumsi buah-buahan, bisa jadi gejala masalah kesehatan yang dideritanya akan kambuh.

Penderita Asam Lambung Harus Lebih Cermat dalam Memilih Buah-Buahan

Sebenarnya, masalah asam lambung atau maag tidak bisa disebut sebagai penyakit. Kondisi ini menunjukkan sekumpulan gejala kesehatan seperti sensasi terbakar pada ulu hati, kembung, dan berbagai masalah lainnya.

Berikut adalah beberapa jenis buah-buahan yang sebaiknya tidak sembarangan dikonsumsi oleh penderita masalah asam lambung.

1. Tomat
Masih banyak orang yang memperdebatkan apakah tomat tergolong sayur atau buah-buahan. Satu hal yang pasti, tomat sering kita konsumsi karena bisa dijadikan campuran masakan. Tomat juga bisa dijadikan jus atau camilan yang menyegarkan.

Meskipun tinggi kandungan nutrisi, pakar kesehatan menyebut penderita masalah asam lambung sebaiknya tidak sembarangan makan tomat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam sitrat dan asam malat yang bisa memicu munculnya gejala maag. Hal ini tentu akan memicu sensasi tidak nyaman pada perut.

2. Buah dari Keluarga Sitrus
Buah dari keluarga sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan lain-lain dikenal memiliki rasa sedikit masam. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam di dalamnya. Buah-buahan ini tinggi kandungan vitamin dan antioksidan yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh, namun bagi penderita asam lambung, hal ini bisa menyebabkan munculnya gejala masalah kesehatan ini.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine, Seoul Paik Hospital, Inje University College of Medicine, Seoul, Korea pada 2010 silam, disebutkan bahwa 67 persen dari 382 partisipan mengaku merasakan gejala ... Baca halaman selanjutnya