Ini Posisi Melahirkan yang Wajib Diketahui Ibu Hamil

"Posisi melahirkan menjadi sesuatu yang penting karena posisi yang tepat dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang dirasakan dan membantu mendorong janin ke posisi yang optimal"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Sebagian besar wanita yang sedang hamil menginginkan proses persalinan normal. Melahirkan secara normal adalah proses yang tidak mudah, oleh karenanya, setiap ibu hamil harus mempersiapkan semuanya dengan baik salah satunya menentukan posisi melahirkan yang tepat.

Melahirkan secara normal bisa membuat ibu merasa tidak nyaman karena munculnya kontraksi hingga nyeri punggung. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena gangguan tersebut bisa diatasi hanya dengan mengubah posisi tubuh.

Posisi melahirkan menjadi sesuatu yang penting karena posisi yang tepat dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang dirasakan dan membantu mendorong janin ke posisi yang optimal.

Berikut adalah beberapa posisi melahirkan yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Posisi Merangkak
Posisi merangkak adalah posisi yang baik untuk persalinan karena membuat panggul terbuka lebih lebar. Posisi tangan dan lutut sejajar membuat denyut jantung janin merespon lebih baik, terutama jika janin tidak berada di posisi terbaik.

Posisi melahirkan yang menekan tulang belakang ini bisa mengurangi sakit punggung dan membantu meningkatkan kadar oksigen janin. Namun, posisi bisa membuat lengan Anda kelelahan.

2. Posisi Duduk
Posisi melahirkan ini bisa dilakukan di kursi bersalin. Posisi kaki saat melahirkan ini merentang untuk mengurangi tekanan pada panggul. Merilekskan posisi seperti halnya duduk di toilet dapat menjaga kondisi perineum.

Perinemum adalah area kulit antara liang vagina dengan anus yang dapat robek ketika melahirkan. Namun, posisi duduk bukanlah pilihan yang tepat jika Anda memiliki tekanan darah tinggi selama kehamilan.

3. Posisi Jongkok
Posisi jongkok adalah salah satu posisi favorit sebagian besar ibu hamil saat mengikuti kelas prenatal, sehingga banyak ibu hamil yan ingin mencoba posisi jongkok sebagai posisi melahirkan. Jongkok dapat dilakukan dengan punggung menghadap dinding atau ... Baca halaman selanjutnya