Digital Amnesia, Waspada “Penyakit” yang Menghantui Millennial

"Digital amnesia adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan suatu fenomena di mana orang-orang (khususnya generasi millennial sampai Z) cenderung mengandalkan teknologi sebagai ‘pengganti’ otak dalam menyimpan memori."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Seiring dengan teknologi yang makin berkembang, makin dimudahkan pula kita dalam melakukan pelbagai aktivitas. Kehadiran smartphone, misalnya. Adanya smartphone memudahkan kita di sejumlah aspek kehidupan, termasuk “menulis” catatan penting seperti nomor telepon dan sebagainya. Tanpa disadari, hal ini menjadi penyebab fenomena digital amnesia. Apakah itu? Berikut informasinya.

Apa Itu Digital Amnesia?

Digital amnesia adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan suatu fenomena di mana orang-orang (khususnya generasi millennial sampai Z) cenderung mengandalkan teknologi sebagai ‘pengganti’ otak dalam menyimpan memori.

Mulai dari nomor telepon, alamat rumah, alamat surel (email), tanggal ulang tahun hingga informasi penting lainnya, semuanya tersimpan rapi di dalam gawai kesayangan.

Tidak ada yang salah, memang. Toh, fitur-fitur tersebut pada gawai memang diciptakan untuk itu. Namun secara tidak sadar, hal ini justru membuat otak jadi tidak terasah.

Bagaimana tidak? Jika dulu Anda harus mengingat baik-baik nomor telepon rumah, kini saat lupa, yang perlu dilakukan hanya tinggal buka daftar kontak di smartphone atau tablet. Atau, ketika lupa nama Presiden Amerika Serikat ke-25, ‘duet’ jaringan internet dan mesin pencari jadi andalannya.

Informasi yang Anda cari memang datang dengan cepatnya, tapi kembali lagi, otak jadi “jarang kerja”. Lantas, terjadilah perubahan kebiasaan dari yang tadinya rajin mengingat sesuatu menjadi “sudahlah, tinggal lihat ponsel”. Inilah yang disebut sebagai digital amnesia atau amnesia digital tersebut.

Dampak Digital Amnesia bagi Fungsi Otak

Hasil survey yang dilakukan oleh perusahaan software keamanan siber Kaspersky menunjukkan bahwa sekitar 60 persen orang dewasa tidak dapat mengingat nomor telepon kantor, bahkan anak dan istrinya sendiri, dengan baik.

Hal ini ... Baca halaman selanjutnya