Ibu Hamil Tidak Boleh Pakai Baju Ketat, Mengapa?

"Benarkan pakaian ketat sangat berbahaya untuk ibu hamil? Oleh karena itu mereka yang sedang hamil disarankan untuk memakai pakaian yang longgar"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Wanita yang baru mengandung janin untuk pertama kali biasanya belum menyiapkan pakaian khusus hamil. Apalagi kalau usia kandungannya masih sangat mudah. Beberapa wanita hanya akan mengenakan pakaian seadanya sehingga saat kandungan membesar baju jadi semakin ketat.

Pakaian ketat dan keguguran

Beberapa orang berkata kalau pakaian yang ketat konon bisa membuat bayi susah bergerak. Dampaknya ibu yang sedang mengandung rentan sekali mengalami keguguran. Benarkan pakaian ketat sangat berbahaya untuk ibu hamil? Oleh karena itu mereka yang sedang hamil disarankan untuk memakai pakaian yang longgar.

Berbagai jenis pakaian atau baju yang ketat sebenarnya tidak akan membuat ibu mengalami keguguran. Sampai sekarang belum ada kasus keguguran yang dipicu oleh pakaian yang terlalu sempit. Meski tidak membahayakan janin, risiko menggunakan pakaian ketat masih cukup besar.

Wanita yang mengenakan pakaian terlalu ketat yang jelas akan mengalami kondisi tubuh tidak nyaman. Mereka akan sulit sekali bergerak bebas apalagi kalau usia kandungannya sudah semakin besar dan perutnya terus membuncit

Dampak menggunakan pakaian sempit pada wanita hamil

Seperti yang sudah diulas di atas, wanita hamil tidak akan langsung mengalami keguguran hanya karena menggunakan pakaian yang ketat. Meski demikian, penggunaan pakaian yang terlalu ketat juga memicu beberapa masalah seperti yang terjadi di bawah ini.

1. Memicu terjadinya maag
Saat hamil, sistem pencernaan makanan dari ibu akan mengalami perlambatan. Saat menggunakan pakaian ketat, makanan akan menumpuk di lambung karena susah dicerna. Dampaknya, asam lambung akan dihasilkan dalam jumlah banyak untuk membuat pencernaan berjalan cukup cepat.

Selain masalah dari pakaian, kalau janin sudah mulai membesar dengan sendirinya, tekanan yang diberikan pada perut akan tinggi. Tekanan ini juga menimpa saluran cerna sehingga kemungkinan terjadi gangguan ... Baca halaman selanjutnya