Cara Menciptakan Rumah Minimalis yang Hangat dan Nyaman

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Mengikuti mantra kurang lebih, rumah minimalis cenderung menyulap gambar interior monastik, permukaan ramping dan perabotan nyaris tidak ada, yang memberi mereka reputasi dingin dan steril.

Tetapi tidak selalu harus demikian. Di sini, kami menunjukkan bagaimana Anda dapat menciptakan suasana hangat dan nyaman bahkan sambil mempertahankan estetika bebas perawatan yang berantakan di rumah minimalis.

baca juga: Ferdian Paleka Ditangkap, Ancaman Penjara 12 Tahun Menanti

Daripada berfokus pada memaku estetika minimalis, pikirkan tentang bagaimana Anda akan berinteraksi dengan ruang Anda terlebih dahulu.

Dilansir dari laman Asiaone, ketika Anda merencanakan rumah di sekitar ritual dan kebiasaan sehari-hari Anda, Anda akan menemukan bahwa Anda akan berakhir dengan rumah yang jauh lebih hangat dan lebih nyaman.

baca juga: Meninggal Dunia, Ini Jejak Langkah Didi Kempot

Misalnya, jika Anda suka memiliki area khusus untuk makan di dapur, pertimbangkan membuat bar sarapan. Atau jika Anda suka menghabiskan waktu senggang dengan buku yang bagus, sudut nyaman di ruang tamu adalah pilihan yang bagus.

Ide-ide ini tidak akan bertentangan dengan estetika Anda ketika dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip desain minimalis, tetapi mereka dapat menambah banyak kehangatan dan kenyamanan karena Anda menjadikan ruang-ruang ini sebagai milik Anda.

baca juga: Ditanya Netizen Beda Pulang Kampung dan Mudik, Ini Jawab Susi Pudjiastuti

Hindari penggunaan satu warna

Banyak rumah minimalis menampilkan satu nada - biasanya putih - yang bagus untuk tampilan minimalis. Tetapi jika Anda ingin menyuntikkan kehangatan, pikirkan tentang melapisi nada netral yang berbeda dengan warna hangat.

baca juga: Penyanyi Rita Wilson Ungkap Efek Ekstrem Klorokuin

Mulailah dengan alas putih dengan nada krem ??kemudian lapisi dengan warna seperti kelabu tua, krem ??atau abu-abu dan akhirnya tutupi dengan aksen hitam arang, yang dapat membantu memodernisasi tampilan.

Jika Anda lebih suka palet warna yang lebih gelap, Anda bisa mulai dengan warna hitam hangat yang kaya dan memasangkannya dengan nada kayu dan putih hangat untuk nuansa yang sangat nyaman namun tetap halus.

Di rumah minimalis, simetri dan seimbangkan dengan tepi yang keras dan garis lurus yang bersih. Ini, meskipun secara visual menakjubkan, dapat terlihat agak impersonal.

Solusinya? Tambahkan kurva melalui perabotan Anda untuk kenyamanan visual. Potongan lengkung membantu melembutkan tampilan dan menambahkan getaran homier ke ruang Anda.

Misalnya, pasangkan kursi sudut dengan sofa yang menampilkan siluet yang lebih lembut. Lampu lantai busur dapat membantu memecah ruang tamu yang simetris sempurna tanpa secara visual menonjol. Tepi melengkung halus di kursi makan Anda juga dapat membantu meringankan garis-garis tajam di ruang makan Anda.

Membawa Bahan Alami
Hasil akhir alami menambahkan tekstur dan lapisan taktil dan visual ke ruang minimalis, steril, memberikan kedalaman dan minat.

Temukan cara menyertakan sentuhan akhir, perabot atau dekorasi yang dibuat dengan bahan seperti kulit, kayu, logam, tebu, teraso atau wol. Lantai kayu, keranjang anyaman, liontin tembaga, lemparan rajutan tebal dan bantal kulit adalah beberapa pilihan untuk dipertimbangkan.

Karena sebagian besar bahan alami sudah netral warna, mudah untuk membuatnya menjadi rumah palet netral. Kami senang menggunakannya karena penampilan mereka berubah seiring waktu sehingga Anda pada dasarnya mendapatkan beberapa tampilan untuk satu item.

Tembaga misalnya mengembangkan patina dari waktu ke waktu, kayu bisa menjadi lebih gelap atau lebih terang karena oksidasi sementara kulit dapat menjadi kusut dan berkerut. Bagi sebagian orang, perubahan ini hanya menambah pesona karya.

Pertimbangkan cahaya yang tepat
Rumah minimalis yang bermandikan cahaya matahari akan terlihat hangat dan nyaman secara alami. Jadi bebaskan jendela itu dan biarkan banyak cahaya alami masuk ke ruang Anda. Jika Anda ingin menyeimbangkan hal-hal (dan menghindari ruang yang terlihat terlalu kumuh), Anda dapat memilih warna cat putih yang lebih tajam untuk dinding Anda.

Tidak memiliki kemewahan cahaya alami? Pertimbangkan sumber cahaya buatan dalam rona yang lebih hangat - Anda akan ingin memilih LED yang menawarkan cahaya hangat dari lampu pijar atau lampu dengan suhu warna sekitar 2700K untuk tampilan tradisional yang hangat dan nyaman.

Sandingkan beberapa tanaman
Ada alasan mengapa banyak rumah minimalis yang kita lihat di media sosial dihiasi tanaman. Tanaman adalah cara yang bagus untuk menambahkan tekstur, namun mereka cukup netral sehingga tidak menghilangkan estetika yang kita inginkan. Tentu saja, seperti halnya dengan dekorasi minimalis, ini tentang mengatur pilihan Anda.

Di rumah minimalis, hindari mengelompokkan terlalu banyak tanaman dan secara teratur memangkas tanaman hijau Anda agar tidak mengubah ruang menjadi hutan. Tanaman pernyataan seperti ara-daun ara bekerja dengan baik di sudut ruangan, sementara dedaunan tanaman karet yang berwarna hijau cocok dengan dinding putih. Pilihan lain termasuk pohon naga, yang siluetnya tajam dan ramping sangat cocok dengan getaran minimalis.

Penulis: Fitria Marlina