Bunda, Hindari Hal ini jika Anak Menderita Kekurangan G6PD

Bitter melon adalah makanan lain yang sebaiknya dihindari oleh mereka yang kekurangan G6PD
Bitter melon adalah makanan lain yang sebaiknya dihindari oleh mereka yang kekurangan G6PD (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Kekurangan G6PD merupakan kelainan genetik yang sebagian besar mempengaruhi laki-laki asal Asia, Afrika atau Mediterania. Itu terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup enzim yang disebut glukosa-6-fosfat dehidrogenase (G6PD), yang bertanggung jawab untuk menjaga sel darah merah tetap sehat.

Dilansir dari laman Asiaone, kebanyakan orang yang memiliki kekurangan G6PD sehat, tetapi kadang-kadang demam atau obat-obatan dan makanan tertentu dapat memecah sel darah merah mereka (hemolisis) dan menyebabkan anemia. Ini disebut anemia hemolitik, suatu bentuk anemia yang terjadi ketika sel-sel darah merah dipecah lebih cepat dari biasanya. Berikut beberapa makanan kekurangan G6PD yang dapat Anda hindari untuk si buah hati.

baca juga: Ini Lima Manfaat Tidur Bersama Anak

1.Kacang
Makanan utama yang harus dihindari adalah kacang fava. Bahkan, kekurangan G6PD juga disebut favism. Mengkonsumsi kacang fava (juga dikenal sebagai kacang lebar) telah terbukti memicu anemia hemolitik pada mereka yang kekurangan G6PD.

Faktanya, menelan bagian tanaman kacang fava, termasuk inhalasi serbuk sari kacang fava, dapat menyebabkan anemia hemolitik pada individu yang kekurangan G6PD. Sebelum memicu anemia hemolitik, konsumsi kacang fava oleh orang-orang dengan kekurangan G6PD juga dapat menyebabkan gejala akut lainnya seperti sakit kepala, pusing, mual dan muntah.

baca juga: Punya Ratusan Tropi, Anak 10 Tahun Ini Jadi Guru Cilik di Sekolahnya

Juga, jika Anda menggunakan tepung bebas gluten, pastikan tidak mengandung tepung kacang fava. Karena kacang fava termasuk dalam keluarga kacang-kacangan, juga disarankan bahwa semua kacang-kacangan (seperti kacang polong, lentil, atau kacang tanah) dihindari bagi mereka yang menderita kondisi ini. Tetapi ini belum terbukti secara ilmiah.

2. Melon
Bitter melon adalah makanan lain yang sebaiknya dihindari oleh mereka yang kekurangan G6PD, karena mengandung senyawa yang sama dengan kacang fava yang dapat menyebabkan hemolisis.

baca juga: Penelitian Baru: Anak-Anak Dapat Tularkan Virus Corona

Meskipun tidak biasa dikonsumsi karena sifatnya yang pahit, beberapa suplemen yang terbuat dari pare populer dalam mengobati diabetes. Karena itu yang terbaik adalah menghindarinya juga.

3. Vitamin C Tambahan
Menurut sebuah penelitian, vitamin C dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah dan menyebabkan hemolisis pada orang yang kekurangan G6PD.

baca juga: Kapan Waktu Terbaik Mengajarkan Anak Untuk Toilet Training?

Studi ini tidak memiliki peringatan bagi mereka yang makan buah jeruk atau makanan lain yang kaya vitamin C, tetapi menekankan tentang menghindari suplemen Vitamin C (asam askorbat).

4. Hindari obat herbal China
Menurut dh.gov.hk , Anda harus menghindari menggunakan obat-obatan herbal Cina ini, jika Anda kekurangan G6PD, yakni Rhizoma Coptidis (Huang Lian), Flos Lonicerae (Jin Yin Hua), Flos Chimonanthi Praecocis (La Mei Hua), Calculus Bovis (Niu Huang), Margarita (Serbuk Mutiara).

Obat-obatan ini telah diketahui memicu kerusakan sel darah merah, dan karenanya harus dihindari oleh mereka yang kekurangan G6PD. Mumi yang menyusui harus memberi tahu dokter tentang kondisi anak mereka sebelum mengkonsumsinya:

5. Aspirin
Antibiotik seperti Nitrofurantoin, Asam nalidiksat, Sulfametoksazol, Antimalaria seperti Primaquine, Antispasmodik seperti Phenazopyridine sebaiknya dihindari.

Penulis: Fitria Marlina