Anda Sering Haus di Malam Hari, Tanda Bahaya atau Tidak?

"Penyebab paling umum dari munculnya sensasi haus di malam hari adalah dehidrasi"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Sebenarnya, haus adalah sesuatu yang wajar kita rasakan setiap hari. Hanya saja, terkadang kita bisa mengalaminya saat malam hari, termasuk saat tidur malam. Hal ini tentu akan membuat kita terbangun dan mencari minuman.

Apakah sering merasakan haus di malam hari menandakan masalah kesehatan?

Penyebab sering haus di malam hari

Penyebab paling umum dari munculnya sensasi haus di malam hari adalah dehidrasi. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kurang minum sepanjang hari. Jika kita juga tidak sempat minum air sebelum tidur, maka di saat tengah malam, kita juga akan kehausan sehingga membuat kita terbangun demi minum.

Selain itu, jika suhu udara di dalam rumah ternyata cukup panas, maka kita akan mengeluarkan banyak keringat dan akhirnya berimbas pada banyaknya cairan tubuh yang keluar. Semakin banyak cairan tubuh yang keluar, semakin besar kemungkinan kita untuk mengalami sensasi haus saat tidur malam.

Kebiasaan mengonsumsi makanan pedas atau makanan yang asin juga akan memicu gangguan keseimbangan cairan di dalam tubuh. Hal ini tentu akan berimbas pada sensasi haus dan tenggorokan kering di malam hari, apalagi jika kita mengonsumsinya di terlalu dekat dengan waktu tidur.

Beberapa penyakit yang terkait dengan sensasi sering haus di malam hari

Meskipun secara umum wajar terjadi, pakar kesehatan menyebut sensasi haus di malam hari, khususnya yang sering muncul saat tengah malam hingga membuat kita terbangun dari tidur bisa jadi terkait dengan masalah kesehatan yang lebih serius.

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang sebaiknya kita waspadai.

1. Xerostamia
Xerostamia adalah masalah kesehatan yang menyebabkan sensasi mulut kering dan haus berlebihan. Kondisi ini terjadi akibat kelenjar ludah pada mulut tidak mampu memproduksi air liur dengan cukup. Padahal, air liur sangatlah penting untuk menjaga kelembapan mulut dan keseimbangan bakteri di ... Baca halaman selanjutnya