Kaya Manfaat, Ini Dampak Konsumsi Kacang Merah bagi Tubuh

"Kacang merah mengandung kalsium, asam folat, protein tinggi, karbohidrat, serat, vitamin B terutama B6, zat besi, mangan"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Kacang merah kaya kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Kacang merah mengandung kalsium, asam folat, protein tinggi, karbohidrat, serat, vitamin B terutama B6, zat besi, mangan, dan thiamin. Apa saja manfaat kacang merah untuk kesehatan?

1. Mengatur nafsu makan
Kandungan protein, serat, dan karbohidrat yang ada di kacang merah dapat membantu pencernaan agar merasa kenyang lebih lama. Sehingga sangat membantu Anda yang sedang diet untuk tidak ingin mengonsumsi camilan.

2. Baik untuk pencernaan
Serat yang ada pada kacang merah membantu pencernaan pada usus. Sehingga membuat pergerakan usus berjalan dengan baik yang berdampak pada kelancaran proses buang air besar. Proses pencernaan yang lancar ini berdampak pada penurunan risiko gejala kanker usus.

3. Antioksidan
Berdasarakan temuan dari penelitian yang dilakukan di Departemen Pertanian di Amerika Serikat, kandungan antioksidan pada kacang merah memiliki jumlah melebihi kualitas antioksidan pada buah-buahan lain. Seperti blueberry, cranberry dan ceri. Antioksidan sendiri bermanfaat untuk menjaga fungsi sel-sel terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

4. Mengurangi risiko diabetes
Tingginya kadar glukosa dalam darah berisiko diabetes. Sementara, serat yang ada dalam kacang merah dapat menjaga kadar glukosa agar tetap stabil. Jadi kadar glukosa tidak akan cepat meningkat yang memicu diabetes. Kacang merah juga dapat mencegah resistensi insulin yang dapat memperparah kadar gula penderita diabetes.