Positifers, Kebotakan Bisa Dicegah dengan Makan Kimchi

"mengonsumsi kimchi dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memghindari kebotakan."
mengonsumsi kimchi dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memghindari kebotakan. (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Kimchi, makanan khas Korea yang terbuat dari kol yang difermentasi begitu populer, tak hanya di Korea, tapi juga di seluruh dunia. Bahkan, kimchi telah menjadi makanan favorit masyarakat di Negeri Gingseng tersebut selama berabad-abad.

Selain kelezatannya, makanan fermentasi seperti kimchi juga memiliki sumber bakteri yang menguntungkan yang sangat penting untuk kesehatan usus dan penyerapan nutrisi. Inilah yang membuat kimchi memiliki manfaat kesehatan sebagai probiotik.

Bukan cuma dari segi kesehatan, sebuah studi terbaru menemukan hal mengejutkan mengenai kimchi.

Dilansir Koreaboo, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Dankook di Korea Selatan, menemukan bahwa mengonsumsi kimchi dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memghindari kebotakan.

Penelitian ini melibatkan 23 lelaki yang berada pada tahap awal kerontokan rambut. Para peserta diminta untuk mengonsumsi jus kimchi dua kali sehari. Hasilnya cukup menjanjikan.

Ditemukan bahwa setelah satu bulan, jumlah rata-rata rambut per sentimeter persegi meningkat dari 85 menjadi 90. Jumlah rata-rata rambut semakin meningkat setelah empat bulan mereka minum jus kimchi.

Hasil ini membuat peneliti menyimpulkan bahwa kimchi dapat menjadi sumber makanan yang ideal untuk menebalkan rambut dan bahkan mencegah proses kebotakan.

Dengan banyaknya obat anti-kebotakan yang memiliki efek samping yang tidak menyenangkan, para peneliti mendorong lelaki yang lebih tua untuk mengonsumsi kimchi sebagai alternatif yang lebih aman.

Tentu saja, kimchi bukanlah kunci utama untuk menghindari kebotakan. Namun bagi lelaki yang khawatir akan kerontokan rambut, sepertinya makan kimchi akan lebih baik daripada tidak sama sekali.