Imunisasi TT pada Ibu Hamil, Ini Manfaat dan Waktu Pemberiannya

"Infeksi yang disebabkan tetanus umumnya menginfeksi melalui luka dalam seperti tusukan, gigitan, luka bakar atau borok. Meski begitu, infeksi juga bisa terjadi akibat goresan atau tusukan kecil."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Salah satu penyakit yang umum terjadi di negara berkembang adalah tetanus. Penyakit ini biasanya terjadi pada bayi yang lahir dengan persalinan tidak higienis (contohnya persalinan dan penanganan tali pusat tidak bersih ) atau ibu yang tidak mendapatkan vaksin Tetanus Toxoid (TT) atau imunisasi TT pada ibu hamil. Simak penjelasan di bawah ini kenapa suntik tetanus saat hamil penting untuk dilakukan.

Apa Itu Penyakit Tetanus?

Sebelum menjelaskan pentingnya imunisasi TT pada ibu hamil, sebelumnya harus tahu apa itu penyakit tetanus. Upaya pencegahan tetanus adalah sesuatu yang sangat penting karena infeksi tetanus bisa memengaruhi sistem saraf dan bisa berakibat fatal apabila tidak mendapatkan penanganan.

Penyebab tetanus adalah bakteri Clostridium tetani. Bakteri tetanus banyak ditemukan di tanah, terutama yang mengandung pupuk kandang. Selain itu, bakteri ini juga bisa ditemukan di besi berkarat, kotoran hewan, dan debu.

Infeksi yang disebabkan tetanus umumnya menginfeksi melalui luka dalam seperti tusukan, gigitan, luka bakar atau borok. Meski begitu, infeksi juga bisa terjadi akibat goresan atau tusukan kecil.

Bakteri yang masuk melalui luka bisa mengeluarkan racun eksotoksin yang menyebar melalui aliran darah dan kelenjar getah bening. Eksotoksin ini kemudian berikatan dengan sel saraf sehingga menyebabkan kekakuan dan kejang otot yang khas.

Manfaat Imunisasi TT Pada Ibu Hamil

Saat pemberian imunisasi TT pada ibu hamil, tubuh akan membentuk antibodi yang kemudian diteruskan kepada janin sebagai bentuk upaya perlindungan alami selama dalam kandungan sampai beberapa bulan setelah lahir.

Pemberian suntik tetanus saat hamil diwajibkan agar imunoglobulin yang terbentuk pada ibu bisa pindah ke janin lewat plasenta supaya terhindar dari tetanus neonatorum.

Perlu diketahui bahwa suntik tetanus saat hamil tidak menimbulkan gangguan pada janin. Pada umumnya, dokter ... Baca halaman selanjutnya