Selai Kacang Bantu Turunkan Berat Badan

"Selai kacang mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti lemak baik, protein, fiber, dan beberapa vitamin dan mineral"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Jarang diketahui ternyata selai kacang yang rasanya manis dan gurih bisa membantu menurunkan berat badan. Selai kacang mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti lemak baik, protein, fiber, dan beberapa vitamin dan mineral penting.

Sekitar 2 sendok makan atau 32 gram selai kacang mengandung protein, magnesium, fosfor, zinc, niacin, vitamin, dan serat. Kandungan serat yang terdapat di selai kacang mampu memenuhi 10% kebutuhan serat harian.

Penelitian yang diterbitkan dalan jurnal Nutritions menunjukkan bahwa asupan serat yang cukup dapat memengaruhi penurunan indeks massa tubuh. Kacang juga mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung dan kadar kolestrol.

Sehingga selai kacang sangat bermanfaat untuk membantu diet. Namun, terdapat beberapa hal lain yang harus diperhatikan, seperti kandungan kalori, lemak jenuh, dan sodium yang terdapat di selai kacang.

Oleh karena itu, konsumsilah selai kacang dalam batas wajar, yaitu sebanyak satu atau dua sendok makan per hari. Berikut manfaat mengonsumsi selai kacang untuk membantu diet:

1. Merasa kenyang lebih lama

Kandungan protein, lemak, dan serat yang tinggi pada selai kacang dapat membantu tubuh Anda kenyang lebih lama.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 15 perempuan obesitas, menambahkan 3 sendok makan selai kacang pada menu sarapan menyebabkan perut terasa lebih kenyang dan enggan makan berlebihan.

Apabila Anda merasa cepat kenyang dan nafsu makan lebih terkendali, berat badan Anda pun lebih cepat turun.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat lain dari selai kacang untuk diet adalah meningkatkan proses metabolisme pada tubuh.

Selai kacang mengandung protein yang tinggi, sehingga sangat direkomendasikan untuk menjaga massa otot dalam program menurunkan berat badan.

Otot dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tubuh Anda. Metabolisme tubuh juga berpotensi ... Baca halaman selanjutnya