Cara Menjaga Kehamilan agar Ibu dan Janin Tetap Sehat

"Masa kehamilan muda adalah fase yang cenderung membingungkan karena banyak sekali gejala alami yang bisa membuat pasangan merasa khawatir."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Setiap pasangan tentu akan bahagia ketika mendapatkan kehamilan. Berbagai macam cara akan dilakukan untuk memastikan bahwa janin yang dikandung terlahir dengan selamat dan tumbuh menjadi anak yang sehat. Lantas, bagaimana cara menjaga kehamilan yang bisa dilakukan? Simak cara menjaga kehamilan muda selengkapnya di bawah ini.

Saat seorang wanita mengalami kehamilan di usia muda, maka kesehatannya haruslah dijaga dengan baik. Masa kehamilan muda adalah fase yang cenderung membingungkan karena banyak sekali gejala alami yang bisa membuat pasangan merasa khawatir.

Berikut adalah cara menjaga kehamilan yang wajib diketahui, di antaranya:

1. Mencukupi kebutuhan nutrisi
Cara menjaga kehamilan yang pertama dan paling penting adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan janin. Makan makanan bergizi selama kehamilan terkait dengan perkembangan otak janin yang baik, berat lahir yang sehat, di mana hal itu mengurangi risiko bayi terlahir cacat.

Diet seimbang juga akan mengurangi risiko ibu hamil mengalami anemia, serta gejala kehamilan umum seperti kelelahan dan mual di pagi hari. Nutrisi yang baik mampu menyeimbangkan perubahan suasana hati dan membuat lancar persalinan.

Diet kehamilan yang seimbang meliputi makanan yang mengandung; protein, vitamin C, kalsium buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, makanan kaya zat besi, lemak yang cukup dan asam folat.

2. Meningkatkan berat badan
Cara menjaga kehamilan yang satu ini sering kali membuat banyak wanita ragu. Banyak wanita khawatir tentang berapa banyak berat badan yang akan didapatkan selama kehamilan.

Jika berat badan berada dalam kisaran normal sebelum hamil, Anda disarankan untuk menambah berat badan sebanyak 11-15 kg. Penting untuk mendiskusikan dan memantau berat badan serta kebutuhan nutrisi dengan dokter selama kehamilan

Rekomendasi penambahan berat badan akan bervariasi untuk wanita yang kekurangan ... Baca halaman selanjutnya