Gemar Makan Tomat, Ini Dampaknya Pada Tubuh

"Tomat mengandung mineral penting seperti folat, besi, kalium, magnesium, kromium, kolin, seng, dan fosfor. "
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Tomat merupakan salah satu sayuran yang paling gampang didapatkan. Meski begitu, masih banyak orang yang tidak menyukai tomat. Padahal tomat adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat.

Tomat mengandung vitamin dan nutrisi yang dipercaya dapat membantu mencegah dan melawan penyakit jantung, kanker, diabetes hingga osteoporosis. Kandungan dalam tomat, seperti yang dilansir dari Feed The Pulse, yakni vitamin A, K, B1, B5, B3, B6, B7, dan C dengan dosis cukup tinggi.

Selain itu, tomat juga mengandung mineral penting seperti folat, besi, kalium, magnesium, kromium, kolin, seng, dan fosfor. Oleh karena itu, ada banyak manfaat kesehatan jika Anda mengonsumsi tomat setiap hari. Tak hanya mencegah dari berbagai penyakit kronis, tetapi juga menjaga kecantikan kulit.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa senyawan kimia dalam tomat sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan serta, potasium, vitamin C dan kolin dalam tomat terbukti mendukung kesehatan jantung.

Studi menunjukkan bahwa likopen dalam tomat dapat membantu mengembalikan keseimbangan biokimiawi pada penderita diabetes. Tomat adalah sumber serat baik yang terbukti membantu mengatasi diabetes tipe 1 dan 2.

Banyak penelitian telah membuktikan tomat bisa membantu mencegah kanker karena kaya antioksidan. Kandungan itulah yang membersihkan tubuh dari racun penyebab kanker, radikal bebas, dan karsinogen. Tomat kaya antioksidan yang bisa memperkuat tulang dengan meningkatkan kalsium sehat dalam tubuh. Selain itu, kandungan likopen dalam tomat juga membantu melindungi wanita dari risiko osteoporosis.

Tomat kaya vitamin K yang terbukti bermanfaat signifikan bagi kesehatan rambut dan kulit. Konsumsi tomat setiap hari membantu pertumbuhan dan kekuatan rambut. Selain itu, tomat juga bisa memperbaiki penampilan kulit, seperti memerangi jerawat hingga mencegah kerusakan sel-sel kulit.