Orang Kesepian Cenderung Alami Sakit Punggung, Kenapa?

"Kondisi kesepian akan mempengaruhi kesehatan tulang belakang"
ilustrasi sakit punggung (net)

KLIKPOSITIF -- Sudah bukan rahasia umum jika kesehatan mental yang terganggu juga bisa mempengaruhi kesehatan fisik secara tidak langsung. Seperti halnya jika kita cemas dan deg-degan yang bisa menimbulkan masalah di perut seperti maag atau mulas.

Nah, fakta ini juga berlaku saat seseorang kesepian. Konon, kondisi kesepian akan mempengaruhi kesehatan tulang belakang dan oleh karena itu orang yang kesepian cenderung lebih sering mengalami sakit punggung.

"Keluhan di tulang belakang itu biasanya relate-nya dengan sering kondisi mental kesepian. Dua kondisi fisik itu (maag dan sakit punggung) banyak sekali, yang pertama maag dan kedua tulang belakang, sering terjadi di kota besar," ujar Adjie Santosoputro selaku Emotional Healing and Mindfulness Expert beberapa waktu lalu di Jakarta.

Itu sebabnya, kata Adjie, mengapa ada istilah lelaki menjadi tulang punggung keluarga. Begitu juga dengan orang kesepian, dia akan merasa bebannya berat karena segala sesuatu ditanggungnya sendiri, tidak memiliki orang lain untuk berbagi.

"(Kesepian) dia sendiri yang harus menanggungnya, itu akan berdampak ke tulang belakang rasa kesepian itu, dan kesepian bukan perihal banyaknya teman," tambah Adjie

Banyak teman dan followers di media sosial faktanya juga tidak menjamin terbebas dari rasa sepi. Berdasarkan pengalaman Adjie, pasien yang pernah berkonsultasi dengannya tetap merasa sendiri di malam hari meski banyak followers dan kerap hangout bersama teman.

"Jadi kesepian bukan yang nampak, tapi perihal kepuasan batin. (Di media sosial) itu karena koneksi yang tidak nyata, membuat obrolan fana, oleh karena itu berpeluang besar terhadap kesepian. Semakin kaya seseorang, memperbesar rasa kurangnya pada kebahagiaan," pungkasnya. (*)

sumber: Suara.com