Bagaimana Latih Anak Menjadi Orang yang Terbiasa Jujur?, Ini Kiat-kiatnya

"setidaknya ada lima langkah yang harus dilakukan orangtua untuk melatih anak terbiasa jujur"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Ungkapan 'anak kecil tidak pernah bohong' sangat sering kita dengar. Tapi bagaimana caranya agar mereka tetap memegang teguh nilai positif itu hingga dewasa? Pastinya harus dipupuk sejak dini oleh orangtua. Lalu Apa saja yang harus dilakukan?

Psikolog Anak Gene Beresin dari Clay Center for Young Health Minds, Massachusetts General Hospital, mengatakan setidaknya ada lima langkah yang harus dilakukan orangtua untuk melatih anak terbiasa jujur, mengutip Fatherly, Rabu (7/8/2019).

1. Berikan contoh langsung
Anak kecil memiliki kemampuan meniru yang hebat. Nah, yang jadi masalah adalah orangtua mungkin bisa menasehati, tapi memberikan contoh adalah cara paling konkrit.

Misalnya, saat ayah pergi dengan anaknya untuk berbelanja berbagai peralatan keperluan di supermarket dan sedikit melenceng karena mampir ke toko alat olahraga lalu pulang terlambat. Sesampainya ke rumah, ayah beralasan terlambat karena jalanan yang macet.

Padahal, seharusnya jujur saja karena anak akan temukan kontradiksi, ceramah yang berbeda dengan praktik atau contoh yang terjadi.

2. Meminta maaf ketika berbuat salah
Lagi-lagi perkara mencontoh, saat orangtua berbuat salah, misalnya salah menaruh saus favorit atau memasukkan wortel padahal anak tidak suka, orangtua harus mengakui kesalahan dan meminta maaf.

"Mengatakan apa yang terjadi, mengakui kesalahan, dan meminta maaf untuk menebus kesalahan sangatlah penting," jelas Beresin.

3. Beri kesempatan menjelaskan
Mendidik anak yang jujur perlu ekstra kesabaran. Saat bertambah umur dan anak melanggar aturan, jangan langsung memberikan hukuman.

Tidak ada salahnya orangtua meminta penjelasan anak, mengapa ia melakukan itu? Pastikan ia berkata jujur tapi tidak lantas juga dengan cara yang keras, lakukan perlahan. Jadilah orangtua yang dipercaya anak untuk menumpahkan keluh kesahnya.

4. Gunakan media seperti film dan buku
Pasti ada ... Baca halaman selanjutnya