Positifers, Ini Rekomendasi Suvenir Pernikahan Ramah Lingkungan

"memilih barang-barang mereka menjadi ramah lingkungan, seperti sedotan stainless, tas jinjing, botol minum dan gelas"
Suvenir pernikahan yang ramah lingkungan (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Beberapa pedagang di Jakarta Wedding Festival tahun ini terlihat mempromosikan suvenir atau hadiah pernikahan mereka yang ramah lingkungan, karena semakin banyak pasangan pengantin yang kini lebih sadar akan masalah lingkungan.

Diadakan di Jakarta Convention Center di Jakarta Pusat dari 26 hingga 28 Juli lalu, festival tahunan ini diikuti sekitar 500 vendor pernikahan, termasuk Ken's Collections, Ellinorline Gift, dan Fines souvenir.

"Saat program go-green secara luas dikampanyekan di depan umum, [pasangan pengantin] memilih barang-barang mereka menjadi ramah lingkungan, seperti sedotan stainless, tas jinjing, botol minum dan gelas," kata Tony Hermawan dari Ken's Collections.

Dilansir dari laman The Jakarta Post, Carrisa dari Ellinorline Gift mengatakan pelanggan sekarang dapat memesan barang apa saja yang mereka anggap ramah lingkungan dari perusahaannya.

"Mereka bisa memesan oleh-oleh buatan yang terbuat dari bahan ramah lingkungan," katanya.

Sementara itu, Sastro dari Finesouvenir, mengatakan beberapa pasangan pengantin telah berbagi cerita bahwa mereka berharap para tamu di pernikahan mereka akan lebih sadar akan masalah lingkungan.

"Kita dapat membentuk perilaku masyarakat, yang biasanya menggunakan sedotan plastik, untuk mulai menggunakan sedotan yang ramah lingkungan," katanya, seraya menambahkan bahwa memberi tanaman atau bibit tanaman sebagai suvenir pernikahan juga telah menjadi tren.