Wajib Tahu! Kesepian Bisa Membuat Orang Gampang Sakit

"Kesepian tak hanya bikin kita merasa tidak nyaman secara psikologis, tapi juga akan lebih rentan terkena penyakit"
ilustrasi wanita kesepian (net)

KLIKPOSITIF -- Tanpa disadari, gangguan psikis yang kita alami bisa berpengaruh juga pada kesehatan fisik. Salah satunya saat seseorang merasa kesepian.

Kesepian tak hanya bikin kita merasa tidak nyaman secara psikologis, tapi juga akan lebih rentan terkena penyakit. Dilansir dari Medical News Today, hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya hormon kortisol dan penurunan daya tahan tubuh.

Akibatnya kita pun jadi mudah sakit gara-gara kesepian. Kondisi itu biasanya disebabkan oleh beberapa keadaan sebagai berikut.

1. Kesepian di tempat baru

Ketika kamu pindah kerja atau tinggal ke tempat baru dan tidak ada satupun orang lain yang belum kenal, kondisi ini membuat seseorang merasa terasing dan kesepian. Tanpa disadari, hal tersebut membuat kondisi menjadi menurun.

2. Kesepian karena merasa 'berbeda'

Perbedaan yang dimaksud tidak selalu berarti tentang fisik. Melainkan juga berbeda dalam hal lain, seperti kepercayaan, selera, maupun minat.

Tidak adanya orang lain yang bisa diajak berbagi dalam hal yang kita anggap penting itu juga bisa membuat seseorang merasa terasing, terkucilkan, dan sendirian di lingkungannya.

3. Kesepian karena tidak punya pasangan

Walau mempunyai keluarga dan teman-teman, kamu bisa merasa kesepian karena tidak memiliki kedekatan romantis dengan pasangan. Bisa jadi, kamu sudah mempunyai pasangan baru, tapi tidak lagi merasakan koneksi mendalam seperti sebelumnya.

4. Kesepian karena tidak ada yang bisa dipercaya

Dalam kondisi tertentu, seseorang bisa kehilangan kepercayaan pada orang lain dan ini juga menyebabkan merasa bingung dan sendirian. Tak hanya orang lain yang cukup dipercaya untuk berbagi membuat beban pikiran menumpuk dan menyebabkan stres.

5. Kesepian karena tak punya kedekatan mendalam

Ada kalanya kita tetap merasa kesepian meskipun kita kenal dengan banyak orang yang juga bersikap pada kita. Hal ini ... Baca halaman selanjutnya