Cara Merawat Jenggot agar Tetap Rapi dan Sehat

"Tidak hanya merawat rambut wajah dan mencukur sesuai pola tertentu, Anda juga harus memastikan kulit terjaga kebersihannya."
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF -- Bagi sebagian pria, menumbuhkan jenggot adalah sesuatu yang penting karena bisa meningkatkan rasa percaya diri. Namun, banyak dari pria yang tidak memahami bagaimana menjaga kondisi jenggot dengan baik. Berikut ini adalah cara merawat jenggot yang bisa Anda coba.

Cara Merawat Jenggot dengan Mudah

Sebelum menjelaskan mengenai cara merawat jenggot, perlu diketahui bahwa jenggot yang sehat tidak akan membuat kulit sekitarnya kering, teriritasi dan menimbulkan rasa gatal.

Jika Anda memiliki kulit wajah yang lembap dan tidak mudah teriritasi, hal itu akan membuat tumbuhnya jenggot menjadi lebih baik. Selain itu, bagaimana cara merawat kumis dan jenggot juga bisa memengaruhi penampilan.

Beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk merawat jenggot di wajah adalah fokus pada bagian tepi jenggot, kerapihan, dan penggunaan nutrisi untuk jenggot dan kulit. Berikut ini adalah cara merawat jenggot yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Cukur jenggot menyerupai huruf U
Cara merawat jenggot yang pertama bisa dilakukan adalah mencukurnya dengan benar. Perlu diketahui setiap pria memiliki garis jenggot yang merayap ke pipi atau di bagian bawah dagu. Sementara pada pria yang lain, jenggot banyak bertumbuh di leher.

Lantas, bagaimana cara menentukan garis tepi jenggot yang sesuai? Caranya, Anda bisa meletakkan salah satu jari di atas jakun untuk menentukan garis dasar jenggot. Cara ini berguna untuk menentukan garis dari titik lurus di leher sebelum menggunakan pisau cukur.

Selanjutnya, dari titik di atas jakun tersebut Anda bisa mulai mencukur dengan membentuk huruf ‘U’ dari belakang kedua telinga atau dibalik garis rahang.

2. Merawat jenggot sekaligus merawat kulit
Banyak pria beranggapan bahwa cara merawat jenggot hanya terkait dengan menjaga rambutnya saja. Padahal, menjaga kesehatan kulit di sekitarnya adalah sesuatu yang tidak kalah penting. Hal ini ... Baca halaman selanjutnya