Kurang Tidur Dorong Nafsu Makan Berlebih

"Tidur kurang dari tujuh jam semalam menyebabkan orang makan lebih banyak"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Sebuah penelitian mengungkap tidak cukup tidur berpengaruh pada dorongan untuk makan dalam porsi besar keesokan harinya. Tidur kurang dari tujuh jam semalam menyebabkan orang makan 385 kalori ekstra sehari.

Pola ini akan membuat berat badan bertambah satu pon setiap minggunya. Periset dari King's College London menganalisis 11 studi untuk menentukan apakah durasi tidur dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

Mereka mempelajari 172 individu dan menemukan bahwa orang-orang yang tidak cukup tidur mengonsumsi lebih banyak pilihan yang tidak sehat keesokan harinya. Studi tersebut menemukan bahwa kurang tidur sangat berbahaya karena mempengaruhi orang untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan berlemak tinggi keesokan harinya, daripada mengemil buah atau sayuran.

Orang yang berusia 18 sampai 64 tahun disarankan untuk tidur tujuh sampai sembilan jam per malam, menurut National Sleep Foundation, dan para ahli mengatakan ini penting untuk mempertahankan makanan yang sehat. Orang yang kurang tidur cenderung memilih makanan yang kandungan lemaknya lebih tinggi dan protein lebih rendah.