Sering Derita Stres, Ini Cara Cepat Mengatasinya

"Stres tidak bisa dihindari, dan akan selalu kita temui dalam keseharian"
ilustrasi: Mendengarkan musik bisa menurunkan tingkat stres (net)

KLIKPOSITIF-Jam kerja yang padat, kesibukan dan masalah pada kehidupan yang datang bersamaan bisa jad pemicu stres. Meski ini bisa diredakan dengan liburan dan cara positif lainnya, terkadang stres selalu saja datang.

kabar baiknya, para pakar mengatakan ada cara meredakan stres gampang yang hanya butuh waktu 3 menit. Tan Hui Ping, Principal Counselor, Allied Health dari Parkway Cancer Centre Singapura mengatakan ada tiga langkah jitu yang disebut sebagai cara meredakan stres dalam waktu cepat.

"Stres tidak bisa dihindari, dan akan selalu kita temui dalam keseharian. Untuk itu kita perlu mengetahui bagaimana manajemen stres yang baik," ujarnya.

Hui Ping membagikan cara meredakan stres dalam waktu tiga menit, yang disebutnya bisa dilakukan siapa saja, meskipun saat sibuk. Ini dia cara melakukannya:

1. Deep breathing

Deep breathing atau tarik napas dalam-dalam merupakan langkah termudah untuk meredakan. Caranya, pergi ke tempat yang kosong dan tinggalkan pekerjaan, ponsel, ataupun laptop Anda.

Setelah itu, rilekskan badan, dan tarik napas dalam-dalam selama 4 detik. Tahan napas selama 2 detik, lalu hembuskan keluar selama 4 detik lagi. Ulangi selama satu menit.

"Rumus 4-2-4 ini bisa Anda gunakan kapan saja. Ulangi selama minimal satu menit untuk membantu meredakan stres," ujarnya.

2. Makan cokelat dan minum hangat

Tips kedua tak membutuhkan waktu lama, hanya dua menit. Sebabnya, Anda tinggal memakan cokelat hitam sambil menyeduh minuman hangat, seperti teh atau susu.
"Hanya butuh waktu dua menit untuk pergi ke dapur, mengambil cokelat hitam, dan menyeduh minuman hangat," paparnya lagi.

3. Dengarkan lagu santai

Tips ketiga cocok bagi Anda penggemar musik. Jika punya waktu tiga menit, Anda bisa meredakan stres dengan mendengarkan lagu favorit.

Hal ini bahkan bisa Anda lakukan di meja kerja, meja belajar, atau saat dalam perjalanan pulang menggunakan ... Baca halaman selanjutnya