Menahan Amarah Berdampak Buruk, Ini Cara Sehat Menyalurkannya

"Rasa marah harus diungkapkan atau disalurkan dengan cara yang benar"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Perasaan marah menrupakan luapan emosi yang yang manusiawi. Sebagian orang memang memilih untuk memendam rasa marah rapat-rapat. Namun, banyak juga yang sering tidak terkontrol ketika meluapkan rasa marah.

Sebuah penelitian menemukan bahwa menahan rasa marah meningkatkan risiko kematian dini. Memang menahan rasa marah dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Rasa marah harus diungkapkan atau disalurkan dengan cara yang benar.

Berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan rasa marah:

Mintalah waktu untuk sendiri saat marah Jika marah pada seseorang atau pada orang yang tengah menjadi lawan bicara di telepon, disarankan untuk meminta waktu sendiri sejenak. Itu dibutuhkan untuk meredam rasa marah dan menenangkan diri. Nantinya perasaan tak suka bisa disampaikan dengan kalimat yang lebih baik dan tak menyinggung lawan bicara.

Menulis mengungkapkan perasaan. Menulis apa saja yang terasa saat marah bisa menjadi cara penyaluran emosi yang sehat. Buku harian adalah salah satu bentuknya. Dalam buku itu bisa dituliskan apa saja yang dirasakan tanpa perlu menahan diri. Cara ini bisa sangat membantu untuk menenangkan pikiran dan hati yang sedang emosi.

Ini juga cara paling aman tanpa menimbulkan kecerobohan atau melukai orang lain. Selain itu,perlu disadari jika perasaan marah itu ada dan nyata.

Salah satu cara yang disarankan ketika merasa marah adalah melakukan olahraga. Apapun jenisnya, olahraga dapat membantu mengeluarkan energi berlebihan yang dirasakan. Aktivitas ini dapat mendorong tubuh untuk mengeluarkan hormon endorphin yang dapat mengubah perasaan menjadi lebih baik.

Pada kondisi marah, pernapasan jadi tak beraturan. Untuk mengatasinya mulailah melakukan teknik pernapasan sederhana yang bisa mengekspresikan emosi dengan cara yang baik. Dengan latihan yang cukup ini bisa membuat menjadi lebih cepat tenang.

Mulailah dengan ambil nafas ... Baca halaman selanjutnya