Anda Sering Minum Kopi Sambil Merokok? Ini Bahayanya

"Peneliti menemukan katup aorta menjadi lebih kaku ketika orang merokok sambil menikmati kopi di waktu bersamaan"
ilustrasi merokok sambil ngopi (net)

KLIKPOSITIF -- Beberapa orang mungkin senang menikmati kopi sambil merokok. Padahal kebiasaan minum kopi sambil merokok ini justru lebih berbahaya. Anda pasti tahu merokok bukan kebiasaan yang baik untuk kesehatan tubuh. Sedangkan, kopi setidaknya memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh kita.

Banyak sekali efek negatif dari merokok pada tubuh manusia. Seperti memengaruhi paru-paru, membuat rambut berbau asap, kurang nafsu makan akibat nikotin dan tidak mengasimilasi nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Sedangkan kopi, dilansir dari Healthy Life Tricks dapat meningkatkan suasana hati dan membantu pencernaan jika meminumnya setelah makan.

Selain itu, kopi juga merangsang aktivitas usus. Sehingga Anda dapat mengatasi masalah sembelit dengan lebih mudah. Meskipun kopi tidak disarankan bagi mereka yang menderita hipertensi karena minum satu cangkir kopi saja bisa memengaruhi tingkat darah tingginya.

Tetapi, apakah minum kopi sambil merokok tidak menimbulkan masalah? Sebuah penelitian tahun 2004 silam menunjukkan pengaruh kombinasi kopi dan rokok pada tubuh manusia. Dalam penelitian ini mereka fokus memperhatikan katup aorta dan pengaruh merokok sambil minum kopi di waktu bersamaan.

Mereka membagi peserta menjadi empat kelompok, yakni perokok sambil minum kopi, non-perokok minum kopi, perokok tidak minum kopi dan non-perokok yang juga tidak minum kopi. Hasilnya, efek dari dua zat ini justru jauh lebih kuat ketika dicampurkan daripada ketika orang menikmatinya di waktu yang terpisah.

Peneliti menemukan katup aorta menjadi lebih kaku ketika orang merokok sambil menikmati kopi di waktu bersamaan. Jika Anda tidak ingin mengalami kematian dini atau menderita penyakit kardiovaskular, ada baiknya mulai mengurangi kebiasaan buruk ini.

Apabila Anda terbiasa menghisap rokok sambil menyeduh kopi, mungkin Anda perlu melakukan detoksifikasi sebanyak 2 kali setahun guna membuang racun dalam tubuh. ... Baca halaman selanjutnya