Kenapa Kebanyakan Orang Dapat Pacar yang Mirip Mantan, Ini Faktanya

"Hasil riset ini lebih menunjukkan bahwa alasan sesungguhnya seseorang mencari gebetan yang serupa dengan mantan adalah karena masalah keadaan dan lingkungannya"
ilustrasi mantan pacar (net)

KLIKPOSITIF -- Saat mencari pacar baru, banyak orang cenderung melirik gebetan yang mirip dengan mantan, entah dalam hal fisik, sifat bahkan kelakuannya. Bukannya gagal move on, tapi hal ini memang wajar terjadi.

Melansir dari Metro, menurut sebuah studi baru, psikolog sosial di University of Toronto telah menemukan bahwa kebanyakan dari kita berkencan dengan orang-orang yang mirip dengan mantan pacar kita.

"Penelitian kami menunjukkan ada kecenderungan kuat untuk tetap berkencan dengan kepribadian yang sama," kata penulis utama, Yoobin Park, dalam sebuah pernyataan.

Para peneliti mewawancarai 332 orang, baik pasangan baru dan mantannya, untuk menemukan kesamaan antara kisah asmara masa lalu dan sekarang. Peserta diberi pertanyaan untuk menguji tingkat kesamaan sifat mereka, seperti ekstroversi, neurotisisme, dan kesesuaian mereka.

Para peneliti menemukan bahwa pasangan peserta saat ini menggambarkan diri mereka dengan cara yang mirip dengan mantan pasangan mereka. Penelitian lain juga menunjukkan hasil serupa. Penelitian ini dilakukan oleh Davis dari University of California yang menganalisis lebih dari 1.000 pasangan heteroseksual.

Mereka juga diperkirakan memiliki mantan pacar yang parasnya tampak mirip dengan pasangannya saat ini. Hal yang sama juga berlaku untuk agama, latar belakang pendidikan, dan juga kecerdasan.

Hasil riset ini lebih menunjukkan bahwa alasan sesungguhnya seseorang mencari gebetan yang serupa dengan mantan adalah karena masalah keadaan dan lingkungannya. Ayo, coba ingat-ingat lagi. Apakah pacar yang sekarang mirip dengan mantan-mantan sebelumnya? (*)

sumber: HiMedik