Gemar Konsumsi Telur Setengah Matang, Ini Manfaatnya

"Asam amino di dalam telur setengah matang mempunyai sumber energi yang lebih baik dibandingkan dengan protein,"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Mengkonsumsi telur setengah matang sudah menjadi sebuah kelaziman dalam kebudayaan masyarkat Indonesia. Khususnya kaum lelaki sering menyantap menu ini di pagi hari. Namun tidak sedikit juga perempuan yang menyukai telur setengah matang.

Dalam beberapa kebudayaan telur setengah matang dipercaya sebagai penambah stamina. Bangsawan Inggris misalnya sangat lazim mengkonsumsi menu ini di pagi hari.

Tapi apa sebenarnya kandungan yang terdapat pada terlur setengah matang?  Telur mengandung asam amino yang sangat tinggi. Jika ingin menurunkan berat badan, asam amino berada di dalam tubuh bisa menjadi energi. Sehingga bisa membantu membentuk otot ataupun kulit.

Asam amino di dalam telur setengah matang mempunyai sumber energi yang lebih baik dibandingkan dengan protein, dan bisa membantu kenyang lebih lama. Telur setengah masak juga menjadi sumber carotenoid, lutein, dan zeaxanthin yang berkhasiat untuk menjaga penglihatan dari proses penuaan. Jika kita mengkonsumsi telur setengah masak secara rutin dapat membantu tubuh dan organ tubuh serta meperlambat fungsi sel lain dari penuan dan kerusakan.

Lemak jenuh di dalam telur setengah masak adalah sumber lemak tidak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan anda. Telur setengah masak tidak seperti protein atau lemak hewani lainnya, telur setengah masak juga tidak akan membuat resiko penyakit jantung anda meningkat, jadi sangat aman untuk anda yang mempunyai penyakit jantung.
Pada telur setengah matang terdapat choline yang cukup tinggi.

Choline adalah zat yang baik dan berkhasiat untuk meperkuat daya ingat dan meningkatkan kinerja memori di dalam otak kita. Kuning telur yang tidak matang seutuhnya membuat kandungan nutrisi tetap terjaga. Unsur yang ada di dalam asam amino yang di peroleh dari telur setengah matang juga mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh