Begadang Nonton Sidang MK, Ini Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

"Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature mengungkap mengapa kualitas tidur yang buruk dapat berimbas pada jantung dan pembuluh darah."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Sidang sengketa Pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi berlangsung dari Rabu 19 Juni pagi hingga Kamis 20 Juni dini hari. Kurang lebih sidang yang berjalan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dari pihak pemohon ini berlangsung kurang lebih 20 jam.

Terjadi dua kali interupsi selama jalannya sidang yang meminta Majelis Hakim untuk menunda atau menutup sidang. Kuasa hukum Pihak Terkait, Yuzril Ihza Mahendra pada pukul 00.00 WIB meminta sidang diselesaikan karena telah lewat satu hari sesuai aturan sidang. Lalu kuasa hukum pihak Pemohon pada Kamis pukul 02.00 meminta sidang ditunda karena alasan kelelahan dan ancaman gangguan kesehatan.

Pada sidang yang berlangsung hingga Kamis subuh itu, para pihak yang bersengketa telah "begadang" di ruang sidang. Begitu juga masyarakat Indonesia yang mengikuti sidang yang ditayangkan secara langsung melalui televisi.

Tidak tidur selama 20 jam atau lebih ini tentu bisa menggangu kesehatan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature mengungkap mengapa kualitas tidur yang buruk dapat berimbas pada jantung dan pembuluh darah.

Hasil riset ini  menunjukkan bahwa tidur yang cukup dapat melindungi dari aterosklerosis. Disimpulkan jika tidur membantu mengatur produksi sel-sel inflamasi serta kesehatan pembuluh darah. Sebaliknya gangguan tidur merusak kontrol produksi sel inflamasi yang mengarah pada lebih banyak peradangan lebih banyak penyakit jantung.

"Sekarang kita perlu mempelajari lebih lanjut temuan ini," kata Filip Swirski, peneliti dari Massachusetts General Hospital Center for Systems Biology.

Dalam penelitian itu para ahli mengamati tikus yang secara genetik rentan terhadap aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah karena penumpukan plak. Kelompok tikus dipecah menjadi dua. Kelompok pertama berisi tikus yang dibiarkan tidur dalam waktu yang cukup, sedangkan kelompok kedua berisi tikus yang ketika tidur 'diganggu' dengan ... Baca halaman selanjutnya