Bunda, Ini Tips Ampuh agar si Anak Berhenti Ngompol

"Penting untuk memastikan bahwa anak Anda mengonsumsi lebih banyak cairan di siang hari dan jumlah yang terbatas pada malam hari. "
Biasanya seorang anak diharapkan tumbuh dari kebiasaan mengompol pada usia tujuh tahun (Boldsky)

KLIKPOSITIF - Nocturnal enuresis umumnya dikenal sebagai mengompol. Hal itu merupakan sesuatu yang terjadi pada anak hingga rentang usia tertentu. Hal itu biasanya terjadi hingga anak berusia 6 tahun. Namun, jika anak Anda masih mengompol setiap hari bahkan setelah mereka berusia lebih dari 6 tahun, itu mungkin menjadi perhatian bagi Bunda.

Biasanya seorang anak diharapkan tumbuh dari kebiasaan mengompol pada usia tujuh tahun. Jika anak membasahi tempat tidur sesekali, itu mungkin disebabkan oleh banyak faktor seperti asupan cairan berlebih sebelum waktu tidur atau suhu kamar yang rendah. Dilansir dari laman Boldsky, nah, untuk mengatasi hal itu, berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam mengendalikan ngompol pada anak.

1. Memantau asupan air anak
Penting untuk memastikan bahwa anak Anda mengonsumsi lebih banyak cairan di siang hari dan jumlah yang terbatas pada malam hari. Jika anak tidak menyukai toilet, Anda mungkin ingin membuat beberapa perubahan di kamar mandi dan membuatnya lebih ramah anak.

2. Buat anak menyukai toilet
Akses yang ringan dan mudah ke toilet dapat membantu anak merasa nyaman ke kamar mandi, terutama di malam hari. Makanan yang kaya serat diketahui memiliki efek positif pada mengompol.

3. Tanamkan kebiasaan tidur yang baik
Menanamkan kebiasaan tidur yang baik tentu akan memiliki efek positif pada mengompol. Dorong anak Anda untuk mengosongkan kandung kemih mereka tepat sebelum tidur.

Tiga tips diatas bisa Anda gunakan dalam menangani ngonpol secara positif. Hindari menghukum anak Anda karena mengompol hanya akan memperburuk keadaan mereka.