Mimisan Ternyata juga Bisa Disebabkan oleh Stres

"Biasanya terdapat kondisi lain yang menyertai stres atau kecemasan Anda yang menyebabkan mimisan"
ilustrasi mimisan (net)

KLIKPOSITIF -- Stres bisa mempengaruhi kesehatan pada tubuh. Bahkan tanpa Anda sadari, banyak pikiran hingga stres bisa membuat Anda mimisan. Mimisan bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari benturan keras di hidung hingga kondisi medis tertentu yang mempengaruhi hidung.

Namun, sebuah organisasi sosial nonprofit di Amerika Serikat, yaitu Anxiey and Depression Association of America melaporkan bahwa mimisan juga bisa terjadi saat stres dan kecemasan kronis dilansir Hello Sehat.

Bahkan, orang-orang yang sering stres dan cemas berlebihan lebih berisiko mengalami mimisan kronis yang sifatnya kambuhan dan sering muncul tiba-tiba. Stres atau kecemasan tidak mengakibatkan mimisan secara langsung.

Biasanya terdapat kondisi lain yang menyertai stres atau kecemasan Anda yang menyebabkan mimisan.
Sakit kepala yang muncul saat stres dapat menyebabkan mimisan. Bila Anda punya kebiasaan tanpa sadar mengorek hidung Anda ketika stres, hal ini juga dapat menyebabkan mimisan.

Kondisi hamil, bepergian di ketinggian, olahraga ekstrim atau trauma fisik dapat menimbulkan stres atau kecemasan serta mimisan. Obat-obatan yang Anda minum seperti pengencer darah, dapat meningkatkan risiko Anda mengalami mimisan.

Berikut pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan perdarahan di hidung.
Duduk tegak dan condongkan tubuh ke depan. Cubit cuping hidung Anda menggunakan ibu jari dan jari telunjuk dan tahan selama 10-15 menit. Selama melakukan teknik ini, Anda dapat mencoba bernapas melalui mulut.

Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk meredakan mimisan karena stres:

  • Jika Anda sedang berada di tempat ramai, segera menepi ke tempat yang sepi dan jauh dari hiruk pikuk.
  • Berusahalah untuk tenangkan pikiran dan emosi Anda.
  • Lakukan teknik pernapasan dalam, seperti ambil napas dalam-dalam lalu embuskan secara perlahan ... Baca halaman selanjutnya