Pasien Penyakit Dalam Mendominasi di RSUD Pasbar

"Penyakit itu disebabkan faktor cuaca dan faktor makanan"
Ilustrasi (Net)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Barat-Sumbar mencatat selama Maret hingga Mei 2019, ada sebanyak 2.220 pasien yang dirawat inap di rumah sakit tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Penunjang RSUD Pasaman Barat Eli Martona Selasa, (18/6/2019). Menurutnya, meskipun terbilang jumlah pasien dinilai banyak, namun jumlah pasien relatif stabil selama tiga bulan terakhir.

Ia merinci, pada Maret ada sebanyak 748 pasien, untuk April sebanyak 757 pasien sedangkan untuk bulan Mei ada sebanyak 715 pasien. Jika ditotal selama tiga bulan terakhir, jumlah pasien rawat inap ada sebanyak 2.220 orang.

Sedangkan untuk rawat jalan masih tetap terbilang relatif stabil selama tiga bulan terakhir, dengan jumlah sebanyak 12,978 pasien.

Kata Eli Martona, dari keseluruhan penyebab penyakit yang dialami pasien, hampir kebanyakan mengalami penyakit dalam. Diterangkannya, penyakit itu disebabkan faktor cuaca dan faktor makanan.

"Makanan yang dikonsumsi sepatutnya diperhatikan terlebih dahulu, agar dampak bagi tubuh tidak ada. Jika tidak diperhatikan maka akan menimbulkan penyakit," terang Eli Martona.

Sementara, Direktur RSUD Pasaman Barat Budi Sujono menyebut, ke depan pihaknya akan lebih mengutamakan pelayanan.

"Ke depan kita akan lebih mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat, agar masyarakat Pasaman Barat dapat diberikan pelayanan yang lebih prima, berupa peningkatan akses pelayanan kesehatan serta kepuasan dan kenyamanan," jelasnya.

Disamping itu dia mengimbau, agar masyarakat terus menerapkan pola hidup sehat seperti menjaga pola makan dan berolahraga yang rutin.

[Irfan Pasaribu]