Dikenal Banyak Manfaat, Lidah Buaya Ternyata Punya Efek Samping

"Efeknya bisa menyebabkan gatal yang berlebihan jika tidak digunakan dengan baik"
Lidah buaya (net)

KLIKPOSITIF -- Lidah buaya sejak lama sudah digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Selalu dikenal menjadi solusi untuk berbagai masalah kulit, ternyata ada efek samping lidah buaya, lho.

Tanaman yang memiliki nama latin aloe vera ini memang mampu merawat kulit wajah agar tidak memiliki banyak kerutan. Selain itu, juga bisa mengatasi jerawat, memudarkan bekas luka, mengatasi luka bakar, dan juga menghidrasi kulit.

Kulit yang kering bisa terasa lebih lembap dan sehat. Namun, pengunaan lidah buaya untuk kulit ternyata dapat menimbulkan efek samping yang mengganggu.

Memang pada umumnya aloe vera aman untuk kulit. Namun dalam beberapa kasus, lidah buaya bisa menimbulkan efek negatif, seperti rasa gatal.

Bagi orang yang mempunyai kulit sensitif, biasanya getah lidah buaya akan menimbulkan rasa gatal. Bukan cuma pada kulit wajah, tapi juga bagian tubuh lain, bahkan kulit kepala.

Jadi, jika rasa gatal tidak juga hilang, lebih baik hentikan pemakaian lidah buaya yang langsung dari tanamannya. Cobalah produk lidah buaya yang sudah diolah atau dikemas.

Rasa gatal hingga terasa perih juga bisa saja timbul. Pada beberapa kasus, lidah buaya bisa menimbulkan reaksi alergi yang sangat serius. Seperti rasa terbakar, panas, dan juga perih.

Itulah efek samping lidah buaya yang bisa saja kamu alami juga. So, lebih hati-hati ya dan mencari solusi lain untuk menggantikan peran lidah buaya dalam perawatan kulit. (*)

sumber: HiMedik