Usia Memengaruhi Peluang Hidup Penderita Kanker Darah, Simak Penjelasannya!

"Studi terbaru menunjukkan persentase penderita dapat bertahan 5 tahun dari semua jenis tipe kanker darah sebanyak 61,4 persen."
Ani Yudhoyono saat menjalani perawatan Kanker Darah di Singapura (net)

KLIKPOSITIF -- Kanker darah seperti yang dialami Ani Yudhoyono merupakan jenis kanker yang mematikan dan memengaruhi sel darah putih. Peluang seorang penderita kanker darah dapat bertahan hidup tergantung  berbagai faktor, yaitu usia dan respons terhadap pengobatan.

Leukemia dapat mencegah sel darah putih melawan infeksi dan menyebabkan sel darah putih berkembang biak tak terkendali. Pertumbuhan sel darah putih berlebih ini dapat menyebabkan kepadatan berlebihan sel-sel darah yang sehat. Akhirnya menyebabkan masalah parah di seluruh tubuh.

The American Cancer Society, dilansir dari medicalnewstoday.com, memperkirakan bahwa ada 60 ribu kasus baru leukemia di Amerika Serikat tahun 2018. Sebanyak 24.370 orang meninggal dunia.

Studi terbaru menunjukkan persentase penderita dapat bertahan 5 tahun dari semua jenis tipe kanker darah sebanyak 61,4 persen.

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara mendata berapa banyak orang yang mampu bertahan selama 5 tahun ke depan setelah divonis kanker darah.

Data menunjukkan, leukemia paling umum diderita oleh orang di atas usia 55 tahun, terutama yang berusia 66 tahun.

Kanker darah juga umum terjadi pada orang di bawah usia 20 tahun. Namun, penelitian menunjukkan penderita kanker darah yang berusia muda memiliki peluang bertahan hidup lebih tinggi daripada orang tua.

Menurut National Cancer Institute, berikut ini persentase kematian penderita kanker darah berdasarkan usia:

Penderita usia di bawah 20 tahun : 2,2 persen
Penderita usia 20-34 tahun : 2,6 persen
Penderita usia 35-44 tahun : 2,4 persen
Penderita usia 45-54 tahun : 5,5 persen
Penderita usia 55-64 tahun : 12,6 persen
Penderita usia 65-74 tahun : 23,1 persen
Penderita usia 75-84 tahun : 30 persen
Penderita usia usia di atas 84 tahun : 21,6 persen.

Namun, tingkat seseorang dapat bertahan hidup dengan kanker ... Baca halaman selanjutnya