Jangan Lupa Bawa Kartu JKN Saat Mudik

"Sama seperti tahun lalau, siapapun yang punya JKN, ketika mudik bisa digunakan dimana saja, apalagi emergency. Ini kemudahan yang difasilitasi"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Risiko masalah kesehatan, terserang penyakit, atau kecelakan bisa saja terjadi saat mudik.

Karena itu, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Bambang Wibowo, SpOG, MARS mengingatkan pemudik untuk tidak lupa membawa kartu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) saat pulang ke kampung halaman.

“Sama seperti tahun lalau, siapapun yang punya JKN, ketika mudik bisa digunakan dimana saja, apalagi emergency. Ini kemudahan yang difasilitasi,” ujar Bambang dalam keterangan resmi yang diterima Suara.com jaringan Klikpositif.com, Rabu (29/5/2019).

Bambang menambahkan ketentuan JKN bisa digunakan di fasilitas kesehatan manapun saat mudik sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. Ia mengharapkan walau bagaimanapun JKN jangan sampai digunakan, artinya diharapkan semua pemudik sehat dan selamat sampai tujuan.

“Kami harapkan pemudik jangan sampai menggunakan JKN, itu artinya pemudik sehat, dan selamat sampai tujuan. Untuk itu perlu menjaga kesehatan sejak sebelum berangkat mudik hingga saat mudik bahkan ketika balik,” kata Bambang.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Nila Moeloek juga menginginkan jangan sampai pemudik sakit, apalagi sampai masuk rumah sakit atau kecelakaan. Istirahatlah ketika lelah, atau setelah menempuh perjalanan 4 jam bagi pemudik menggunakan mobil dan 2 jam bagi pemudik yang menggunakan motor.

“Merencanakan itu utama, yang paling bahaya itu mengantuk saat berkendara,” imbuh Nila Moeloek.

Selain itu, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr. Kirana Pritasari, MQIH mengatakan untuk menjaga kesehatan harus dimulai dari diri sendiri.

“Kesehatan saat mudik harus dimulai dari diri sendiri. Persiapkan bekal yang kita bawa, kalau kita bawa anak harus hati-hati jangan makan di sembarang tempat, lebih baik kita bawa bekal. Jangan lupa cuci tangan pakai sabun," tandasnya. (*)