Duduk Membungkuk Ternyata Membantu Tulang Punggung Sehat

"postur duduk merosot terlihat membantu meningkatkan jumlah cairan di antara cakram tulang belakang"
ilustrasi duduk membungkuk (net)

KLIKPOSITIF -- Duduk membungkuk ternyata tidak selamanya buruk bagi kesehatan, menurut sebuah penelitian hal ini justru berdampak sebaliknya. Berdasarkan penelitian sekarang, duduk agak membungkuk atau duduk merosot di kursi justru bisa menjaga tulang belakang tetap utuh.

Bahkan, bisa meringankan nyeri sendi atau otot. Dalam suatu makalah 2018 yang dilansir dari Daily Mail, postur duduk merosot terlihat membantu meningkatkan jumlah cairan di antara cakram tulang belakang. Hal ini bisa mengurangi kekakuan.

Postur ini juga kemungkinan bisa meningkatkan tinggi tulang belakang dari waktu ke waktu. Fisioterapis di RSUniversitas Tees Utara di Stockton-on-Tees yang melakukan penyelidikan menyimpulkan, beberapa kebiasaan membungkuk dapat 'memberikan alternatif yang berharga untuk duduk tegak' pada pasien dengan nyeri punggung bawah.

Selain itu, penelitian di Australia telah menemukan ketika diselingi dengan duduk tegak, duduk membungkuk dapat mengendurkan otot-otot tegang di inti dan kaki.

"Ada budaya yang ideal, dan bahkan pada seluruh masyarakat, yang berpendapat bahwa membungkuk tidak baik bagi kita dan orang-orang sekarang merasa sangat bersalah karena duduk dengan cara tertentu," tutur ahli osteopati yang bermarkas di London, Gavin Smith.

"Tetapi ketika duduk lurus mengaktifkan otot-otot di perut, panggul dan punggung, duduk membungkuk membuat otot rileks," sambungnya.

Sebab, menurut Smith, otot ini terlalu aktif secara kronis pada orang dengan nyeri punggung bawah, beberapa relaksasi berkala dari duduk membungkuk bisa sangat membantu.

"Bergantian antara posisi duduk tegak yang nyaman dan santai dengan postur tubuh yang membungkuk mungkin adalah cara terbaik untuk duduk di meja Anda," lanjutnya lagi.

Berusaha terlalu keras untuk duduk seperti yang diperintahkan kepada kita di tempat kerja; kaki rata di lantai, punggung lurus dan bahu ke belakang dengan kurva bentuk 'S' ke tulang ... Baca halaman selanjutnya