Lima Tanda Asam Urat Ini Sering Tidak Kita Sadari

"Meskipun terkait dengan faktor keturunan, penyakit asam urat seringkali disebabkan oleh pola makan yang sangat buruk"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Banyak orang yang masih berpikir jika penyakit asam urat hanya menyerang orang tua atau lansia saja. Padahal, dalam realitanya asam urat bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Hal ini biasanya terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat. Masalahnya adalah banyak orang yang tidak menyadari adanya penyakit ini karena tidak mengetahui tanda-tandanya.

Mengenal lebih dalam penyebab penyakit asam urat
Penyakit asam urat memang bisa menyebabkan gejala nyeri, pembengkakan, dan sensasi tidak nyaman pada persendian. Hal ini disebabkan oleh menumpuknya kristal asam urat pada persendian yang menyebabkan peradangan. Masalahnya adalah hal ini juga bisa menyebabkan dampak lain bagi kondisi kesehatan tubuh seperti kolesterol atau organ ginjal.

Meskipun terkait dengan faktor keturunan, penyakit asam urat seringkali disebabkan oleh pola makan yang sangat buruk. Jika kita hobi makan jeroan atau makanan laut yang tinggi purin misalnya, maka risiko mengalami penumpukan kristal asam urat di dalam persendian akan semakin meningkat. Hanya saja, terkadang penyakit ini juga disebabkan oleh adanya masalah pada fungsi ginjal yang akhirnya membuat zat asam urat tidak mampu dibuang melalui urine secara maksimal sehingga semakin menumpuk di dalam darah.

Beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan datangnya penyakit asam urat adalah kondisi obesitas atau berat badan berlebih, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga mengalami gangguan kesehatan seperti hipertensi, diabetes, gangugan jantung, dan gangguan ginjal. Jika kita memiliki salah satu atau beberapa faktor ini, mau tidak mau harus menjaga gaya hidup sehat demi mencegah datangnya penyakit asam urat.

Beberapa tanda asam urat yang jarang disadari
Banyak orang yang tidak menyadari tanda-tanda awal penyakit asam urat karena tidak benar-benar mengenalinya. Padahal, jika mereka mampu mengatasinya dengan cepat, bisa jadi gejala dari masalah kesehatan ini bisa segera ... Baca halaman selanjutnya